Musuh Avanza-Xpander Berdatangan, Harganya Lebih Murah!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
23 May 2022 19:14
Toyota Veloz (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander harus waspada dengan banyaknya pendatang baru, salah satunya Hyundai dengan Stargazer. Mobil ini kerap muncul dalam beberapa waktu terakhir, termasuk ketika tertangkap kamera Google Maps di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

Hyundai belum secara resmi mengenalkan mobil ini, termasuk spesifikasi di dalamnya. Namun, dilansir dari Gaadiwaadi, mobil ini dibekali mesin bensin empat silinder 1,5 liter. Dengan senjata ini, maka bakal menghasilkan tenaga maksimum 115 PS dan torsi puncak 144 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Hyundai Creta.

Selain itu, Stargazer juga diduga akan mendapatkan mesin diesel empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 115 PS dan torsi puncak 250 Nm.


Dari sisi fitur, MPV ini kemungkinan bakal mendapat penyegaran yang sama yakni fitur integratif Hyundai SmartSense. Di varian tertinggi yakni prime bakal mendapat fitur lengkap mulai dari Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) hingga Lane Keeping Assist (LKA).

Hadirnya Hyundai SmartSense pada Stargazer berarti pabrikan asal Korea Selatan ini menghadirkan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Alhasil, Stargazer bakal memiliki system keamanan seperti Toyota Safety Sense pada Avanza.

Pasar MPV di Indonesia pun bakal semakin seru dengan kehadiran mobil ini. Apalagi dari sisi harga cukup bersaing dengan mobil yang sudah banyak memakan 'kue' di segmen ini, termasuk melawan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Sinyal kehadiran Stargazer makin kuat setelah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan nomor permohonan DID2020072199 tertanggal 20 November 2022.

Nilai NJKB dari tiap tipe berbeda, mulai dari yang terendah sebesar Rp 155 juta hingga yang tertinggi Rp 202 juta.

Selain itu, mobil ini juga tercatat dalam Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta. Dalam data tersebut, Hyundai Stargazer memiliki enam varian dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Di Bawah Rp 80 Juta, Mobkas Sekelas Avanza Bisa Dibawa Pulang


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading