Mohon Maaf! Deretan Bansos Ini Bakal Dihapus Tahun Depan

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
23 May 2022 12:30
Infografis/Ingin Mendapatkan Bansos Tunai Rp 600.000, Begini Caranya/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan mengembalikan anggaran perlindungan sosial (perlinsos) ke dalam keadaan normal di tahun depan. Kebijakan ini sejalan dengan melandainya kasus Covid-19 di dalam negeri.

Dari buku Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) tahun 2023 yang diterima CNBC Indonesia disebutkan bahwa pemerintah akan melanjutkan normalisasi perlinsos.


Artinya, beberapa bantuan sosial yang diberikan selama pandemi Covid-19 akan dihilangkan di tahun depan. Diantaranya adalah bantuan langsung tunai hingga diskon listrik bagi rumah tangga maupun badan usaha UMKM.

"Program perlinsos yang akan dilaksanakan merupakan program-program reguler, sedangkan program tambahan untuk merespon Covid-19 tidak dilanjutkan," tulis buku KEM PPKF yang dikutip Senin (23/5/2022).

Meski demikian, untuk program perlinsos yang reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH) akan diperluas agar dapat menjangkau masyarakat lebih banyak dan tepat sasaran sehingga berdampak lebih optimal terhadap pencapaian target kesejahteraan.

Berikut perluasan program perlinsos selama pandemi yang akan dihilangkan di 2023:

- Bantuan Sosial Tunai (BST)

- Bantuan Subsidi Upah (BSU)

- Diskon Listrik

- Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)

- Bantuan Tunai PKL dan Warung (BTPKLW)


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Was-Was APBN Jebol & BIS Depak Bank Sentral Rusia


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading