Jokowi Beri 'Kejutan Besar' 2 Hari Lagi! Ada Apa Ini?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 May 2022 11:11
Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama untuk Atasi Pandemi dan Perkuat Arsitektur Kesehatan Dunia. ( Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut akan menyiapkan kejutan besar dua hari lagi. Jokowi dikabarkan akan melakukan uji coba transisi dari pandemi menuju endemi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy beberapa waktu lalu mengungkap rencana besar pemerintah setelah memutuskan pelonggaran kebijakan penggunaan masker.


"Tahap berikutnya, enggak pakai masker [di ruang terbuka atau ruang tertutup]," kata Muhadjir akhir pekan kemarin, seperti dikutip Senin (23/5/2022).

Muhadjir menyebut, pemerintah akan melakukan uji coba transisi menuju endemi dalam pertemuan internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR). Pertemuan akan digelar secara luring,

Mengutip laman Kemenko PMK, acara ini akan digelar di Nusa Dua Hall BNDCC Bali. Acara ini akan diikuti oleh 4.091 delegasi dari 193 negara, di mana 3.001 delegasi akan hadir secara fisik dan sisanya secara online.

Adapun forum ini akan membahas banyak hal, misalnya tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pasca pandemi Covid-19.

"Jadi peserta boleh ke mana-mana, beliau [Jokowi] sudah setujui tak ada travel bubble," jelasnya.

Jokowi sebelumnya memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di luar ruangan sejalan dengan situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Namun, Jokowi tetap menyarankan agar masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan untuk tetap memakai masker. Hal ini juga diberlakukan bagi kaum lanjut usia dan masyarakat yang memiliki komorbid.

Pemerintah sendiri membuka peluang untuk menghentikan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). PPKM akan disetop jika perkembangan kasus Covid-19 secara konsisten terkendali.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Bawa Kabar Melegakan, RI Siap Menuju Endemi Covid?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading