Lebih Gagah Bikin Penjualan Kembaran Avanza Ini Naik 2x Lipat

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
18 May 2022 19:05
All New Xenia di acara GIIAS 2021. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Jakarta, CNBC Indonesia - Toyota Avanza dan kembarannya Daihatsu Xenia mengalami perubahan penampilan besar-besaran pada akhir tahun lalu. Hasilnya langsung terlihat nyata, penjualan Daihatsu Xenia langsung naik dua kali lipat lebih.

Berdasarkan data dari Astra Daihatsu Motor (ADM), bahkan Xenia berhasil cetak lonjakan penjualan hingga 173,2%, atau lebih dari 2,5 kali lipat menjadi 8.422 unit pada kuartal-I 2022 dari sebelumnya 3.083 unit di kuartal-I 2021.

Kenaikan penjualan itu tidak lepas dari penampilan baru Xenia saat ini, yang lebih gagah.


Pada November 2021 lalu, ADM meluncurkan All New Xenia dengan nama platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Berbagai perubahan pun terlihat, di bagian depan grille terlihat berukuran besar, namun terpisah bagian atas dan bawah.

Sementara dari samping, tak nampak lagi garis desain Xenia yang lama. Kini Xenia hadir dengan tarikan garis tegas, yang tampak membuatnya berotot. Belum model jendela paling belakangnya dibuat meruncing, mengesankan desain yang lebih sporty ketimbang Xenia generasi sebelumnya.

All New Xenia di acara GIIAS 2021. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)Foto: All New Xenia di acara GIIAS 2021. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)
All New Xenia di acara GIIAS 2021. (CNBC Indonesia/Emir Yanwardhana)

Beralih ke bagian bawah, pelek Xenia juga model baru. Untuk tipe 1,5 menggunakan pelek alloy dengan desain two-tone berukuran 16 inci. Sedangkan untuk tipe 1.3 menggunakan pelek dari bahan steel yang ukurannya 15 inci. Nah, untuk ADS, di bagian samping-bawah tampak menggunakan side skirt yang senada dengan bagian depannya.

Geser ke belakang, kalau dulu Xenia punya model pintu bagasi atau model bodi belakang yang menggembung, kini Xenia hadir lebih berotot. Tarikan garis tegas juga hadir di sekujur bodi belakang dan ditambah lagi dengan model lampu belakangnya yang modern, membuat Xenia yang lama tampak sangat ketinggalan zaman modelnya.

Berbagai faktor itu membuat All New Xenia lebih dilirik dibandingkan model lama. Daihatsu juga sudah meyakini bakal ada kenaikan penjualan secara pesat.

"Kalau yang ini (All New Xenia) saya yakin ini antara 2.000 sampai 2.500 unit," kata Division Head Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso pada ajang GIIAS 2021 lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Mobil Baru Beterbangan: Avanza Naik Rp 30 Juta, LCGC?


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading