Penantang Baru Avanza Berkeliaran di Jalan, Segini Harganya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
17 May 2022 09:05
Hyundai Stargazer (Tangkapan Layar via Instagram @akhdan_qolbi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hyundai Stargazer diperkirakan bakal rilis pada bulan depan berdasarkan sumber dealer Hyundai di lapangan. Hal ini tak jauh dengan bocoran pihak Hyundai Motor yang sempat akan merilis MPV baru pada semester II-2022.

Sinyal kedatangan saingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini sudah mulai terlihat dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta. Pada data tersebut, NJKB paling besar mencapai Rp 200 juta.

Namun, nilai tersebut baru perkiraan NJKB, bukan on the road (OTR) yang nilai harus dibayar oleh pembeli. Nantinya, pembeli masih harus menanggung berbagai pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) hingga Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).


Hyundai Stargazer (Tangkapan Layar via Instagram @akhdan_qolbi)Foto: Hyundai Stargazer (Tangkapan Layar via Instagram @akhdan_qolbi)
Hyundai Stargazer (Tangkapan Layar via Instagram @akhdan_qolbi)

"Masuk di NJKB kan Rp 200 juta, kira-kira nanti bisa kena Rp 350 jutaan, karena itu masuk belum kena pajak," kata pramuniaga Hyundai yang tak mau disebutkan namanya kepada CNBC Indonesia, akhir pekan lalu.

Jika jadi pada angka tersebut, maka harganya bakal lebih tinggi dari model tertinggi Avanza dan Xpander. Saat ini, Avanza termahal yakni di tipe 1.5 G CVT TSS dengan harga Rp 295,8 juta. Sementara Xpander termahal adalah Ultimate CVT dengan harga Rp 307,1 juta. Meski demikian, tenaga penjual tetap yakin produk Hyundai tetap diminati.

"Kalau cari MPV segmen low sayang kalau nggak Stargazer," sebutnya.

Nilai NJKB Stargazer memang berbeda tergantung dari tiap tipe, mulai dari yang terrendah sebesar Rp 155 juta hingga yang tertinggi Rp 202 juta.

COO Hyundai Motor Asia Pasific, Lee Kang Hyun memberi sinyal bahwa Hyundai makin serius untuk menggarap pasar otomotif Indonesia, termasuk pada segmen low MPV. Alhasil, pesaingnya seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander harus lebih berhati-hati.

"Pasar MPV juga bagus, Hyundai akan memproduksi & meluncurkan second semester tahun ini," katanya kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/1/22).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gelombang 'Tsunami' Recall di RI, Mobil Sultan Pun Kena!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading