Internasional

RI & Sederet Negara Ini Larang Ekspor Bahan Pangan

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
17 May 2022 06:10
Ilustrasi (Photo by TymurKhakimov via pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - India melarang ekspor gandum pada Sabtu karena gelombang panas membatasi produksi dan harga domestik melonjak. Hal itu menjadi pukulan bagi pembeli global yang mengandalkan produsen gandum terbesar kedua di dunia setelah serangan Rusia pada 24 Februari ke Ukraina menghantam pasokan Laut Hitam.

Perang di Ukraina telah menyebabkan ekspor biji-bijian dan minyak bunga matahari dari wilayah Laut Hitam anjlok, menambah ketegangan cuaca buruk di negara-negara produsen utama yang mengancam produksi global. Dengan harga pangan yang meroket, daftar negara produsen utama yang terus bertambah membatasi ekspor.

Dilansir Reuters, berikut adalah beberapa contoh larangan ekspor makanan pokok:


INDIA - MEI 2022 - GANDUM

India melarang ekspor gandum dalam upaya untuk menurunkan harga lokal, beberapa hari setelah mengatakan pihaknya menargetkan pengiriman rekor tahun ini. Pasar gandum global melonjak menyusul berita tersebut.

Sebelum pelarangan, India telah menargetkan rekor pengiriman 10 juta ton tahun ini.

UKRAINA - FEBRUARI/MARET 2022 - BIJI-BIJIAN

Ukraina menutup pelabuhannya tak lama setelah dimulainya perang dengan Rusia, yang disebut Moskow sebagai operasi militer khusus.

Ukraina kemudian melarang ekspor gandum hitam, barley, soba, millet, gula, garam, dan daging dan memperkenalkan lisensi ekspor untuk gandum, jagung dan minyak bunga matahari. Ukraina adalah salah satu produsen dan pengekspor biji-bijian terkemuka di dunia dan pengekspor utama minyak bunga matahari.

Penghentian ekspor Ukraina mengirim harga pangan global ke rekor tertinggi.

INDONESIA - APRIL 2022 - KELAPA SAWIT

Indonesia, produsen minyak sawit utama dunia, memberlakukan larangan ekspor beberapa produk berbasis minyak sawit akhir April dalam upaya untuk mengamankan pasokan domestik dan menurunkan harga yang melonjak.

Langkah tersebut membuat harga minyak nabati global melambung tinggi.

HUNGARIA, SERBIA, DAN BULGARIA - MARET/APRIL 2022 - BIJI-BIJIAN

Hungaria melarang semua ekspor biji-bijian. Serbia membatasi jumlah gandum, jagung, tepung dan minyak goreng yang akan diekspor. Bulgaria mengatakan akan meningkatkan cadangan biji-bijian dan mungkin membatasi ekspor.

ARGENTINA - DES 2021 - JAGUNG & GANDUM

Argentina membatasi volume jagung dan gandum yang dapat diekspor dalam upaya untuk mencegah kekurangan biji-bijian domestik dan menekan kenaikan nilai pangan di negara tersebut. Keputusan tersebut mengirim harga jagung AS ke level tertinggi dalam 6-1/2 tahun.

RUSIA - 2021 - BIJI-BIJIAN

Rusia memberlakukan pajak untuk ekspor biji-bijian pada Juni 2021 sebagai bagian dari langkah-langkah yang diharapkan pemerintah akan membantu menstabilkan inflasi pangan domestik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Anak Buah Jokowi Angkat Bicara soal Minyak Goreng


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading