Jeng..jeng! AFC Coret China Dari Tuan Rumah Piala Asia 2023

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 May 2022 17:00
Ricky Richardo Kambuaya dari Indonesia (tengah) berebut bola dengan Chanathip Songkrasin dari Thailand pada pertandingan leg kedua final AFF antara Thailand vs Indonesia d National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). (AP Photo/Suhaimi Abdullah)

Jakarta, CNBC Indonesia - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan China sebagai tuan rumah AFC Asian Cup 2023. Hal itu menimbang kondisi China yang saat ini sedang dilanda peningkatan kasus Covid-19.

"Setelah diskusi ekstensif dengan Asosiasi Sepak Bola China (CFA), AFC secara resmi diberitahu oleh CFA bahwa mereka tidak dapat menjadi tuan rumah Piala Asia AFC 2023."

"AFC mempertimbangkan keadaan akibat pandemi COVID-19 yang membatalkan hak tuan rumah Republik Rakyat China," bunyi pernyataan resmi AFC seperti dikutip CNN Indonesia, Sabtu (14/5/2022).


Sayang sampai berita ini diturunkan, AFC belum merilis negara pengganti tuan rumah AFC Asian Cup 2023. Saat ini kabarnya AFC masih melakukan pengkajian lebih lanjut guna menunjuk lokasi baru dengan waktu persiapan yang semakin sempit.

Seperti yang diketahui, Turnamen yang berisi 24 negara itu rencananya akan digelar pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023. Sebelumnya AFC menunjuk 10 kota di China sebagai lokasi AFC Asian Cup 2023.

"AFC berhubungan erat dengan CFA dan LOC AFC Asian Cup China 2023 selama persiapan, termasuk meluncurkan logo turnamen dan peresmian Stadion Shanghai Pudong tahun lalu."

"AFC mengapresiasi China, CFA, dan LOC AFC Asian Cup meski ini merupakan keputusan sulit di tengah segala pencapaian yang ada," sambung AFC.

Setelah ini, AFC bakal melanjutkan pekerjaan dengan pihak ketiga soal kerjasama komersial dan pihak-pihak terkait agar turnamen tetap terlaksana.

"Informasi lebih lanjut tentang langkah selanjutnya yang berkaitan dengan tuan rumah AFC Asian Cup 2023 akan segera diumumkan," kata AFC.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading