Jokowi Tiba-tiba Minta Lockdown & Bentuk Satgas, Ada Apa Nih?

News - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 May 2022 15:00
Pengantar Presiden Joko Widodo Pada Sidang Kabinet Paripurna, Istana Negara (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menterinya untuk mewaspadai musim kemarau yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Jokowi juga meminta untuk memberlakukan lockdown zonasi dan membentuk bentuk satgas.

Peringatan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.


Lebih lanjut Jokowi mengatakan bahwa ia tak ingin aparat tidak siap dalam menghadapi ancaman musim kemarau yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, Jokowi juga menyoroti mengenai penyakit kuku dan mulut. Jokowi secara khusus meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk melakukan sejumlah langkah antisipasi.

"Saya minta ini Menteri Pertanian, segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain," kata Jokowi, dikutip Sabtu, (14/5/2022).

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan aparat kepolisian turut serta dalam menjaga pergerakan hewan ternak dari sejumlah daerah-daerah yang sudah dinyatakan penyakit mulut dan kuku.

"Bentuk satgas, sehingga jelas siapa yang nanti bertanggung jawab," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi: Dunia Sedang Tidak Baik-baik Saja, Semua Takut!


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading