Bandung Dilewati Tol Terpanjang RI, Tarifnya Rp 400 Ribu

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
13 May 2022 13:20
Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan (Dok. Humas Jbar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana pembangunan Tol Gedebage (Bandung)- Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) sepanjang 206,65 kilometer salah satu proyek yang mau dipercepat pembangunannya oleh pemerintah. Tol ini merupakan calon tol terpanjang di Indonesia.

Rencananya tol ini akan dibangun pada tahun ini saat ini masih dalam tahapan pembebasan lahan.

Tol ini ditargetkan 2024 mendatang dari Gedebage sampai Tasikmalaya atau seksi 1 Gedebage - SS Garut Utara dan seksi 2 Garut Utara - SS Tasikmalaya sudah bisa tuntas.


Sementara untuk ruas lanjutan dari Tasikmalaya sampai Cilacap selesai pada 2029, atau seksi 3 SS Tasikmalaya - SS Patimuan dan seksi 4 SS Patimuan - SS Cilacap.

Konsorsium yang dipimpin PT Jasa Marga (Persero) Tbk merupakan pemenang tender dan menjadi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas tol ini. Nantinya perseroan akan memang konsesi selama 40 tahun untuk tol dengan nilai investasi Rp 56,2 triliun ini.

Adapun berdasarkan hasil pengumuman pelelangan Nomor 37.1/BPJT/L/GBTC/2021, untuk tarif tol awal untuk golongan I tahun 2024 mendatang ditetapkan sebesar Rp 2.025 per kilometer.

Sehingga jika dihitung secara kasar tarif tol yang harus dibayarkan dari pintu tol Gedebage hingga tol Cilacap dan sebaliknya mencapai Rp 418.466 untuk sekali jalan.

Untuk pembangunan tol ini Jasa Marga menggandeng kemitraan dengan PT Daya Mulia Turangga - Gama Group - PT Jasa Sarana, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PP (Persero), dan PT Wijaya Karya (Persero).

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap, Jo Mancelly menyampaikan ke depannya, PT JGC selaku pengelola Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

"Hal ini termasuk pembebasan lahan yang sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga secara konstruksi untuk pembangunan Tahap 1 dapat dilakukan di akhir tahun 2022," kata Jo dalam keterangan.

Jalan Tol ini nantinya akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,09 Km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 37,56 Km. Dimulai dari titik awal Gedebage Junction di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, lalu melewati Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran, hingga ke wilayah Cilacap, Jawa Tengah


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Mudik ke Solo? Cek Tarif Jalan Tolnya


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading