Siap-siap, Freeport Butuh 15 Ribu Pekerja Konstruksi di 2023!

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
10 May 2022 18:55
Presiden Joko Widodo Saat Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia, KEK Gresik, 12 Oktober 2021. ( Biro Pers Sekretariat Presiden/ Lukas)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Freeport Indonesia (PTFI) sedang membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) konsentrat tembaga. di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Untuk mendukung proyek smelter ini, Freeport Indonesia memprediksi akan menyerap sebanyak 40 ribuan tenaga kerja.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan bahwa proyek smelter ini secara kumulatif bakal menyerap tenaga kerja hingga 40 ribu orang. Namun puncaknya pada tahun depan setidaknya akan menyerap tenaga kerja hingga 15 ribu orang.

"Untuk konstruksinya kumulatifnya akan mencapai 40 ribu tenaga kerja tapi peaknya di tahun depan akan 15 ribu tenaga kerja," ujar dia dalam acara Talk To Titans CNBC Indonesia, Selasa (10/5/2022).


Meski begitu, ketika smelter ini sudah beroperasi secara penuh setidaknya perusahaan hanya membutuhkan sekitar 1000-1200 tenaga kerja. Adapun tenaga kerja diprioritaskan untuk warga lokal Gresik terlebih dulu.

"Tentu saja kita akan utamakan dari yang lokal dari Gresik. Kemudian kita cari di provinsi kalau gak tersedia kita cari di nasional," katanya.

Tony beralasan pemilihan lokasi pembangunan smelter di Gresik antara lain mempertimbangkan faktor tenaga kerja. Mengingat di Gresik sendiri sudah terdapat smelter yang beroperasi terlebih dulu. Sehingga akan lebih mudah dalam hal mendapatkan tenaga kerja.

Di samping itu, ia juga optimistis smelter di Kawasan Industri Terintegrasi JIIPE di Gresik, bisa mencapai 50% pada akhir 2022. Hal ini setelah progres pengerjaan proyek smelter dilaporkan mencapai 23% dengan total biaya yang dikeluarkan hampir mencapai US$ 700 juta.

"Akhir tahun ini bisa mencapai 50% progresnya dengan biaya US$ 1,6 miliar sampai akhir tahun. Kan total investasi US$ 3 miliar sampai akhir tahun sekitar Rp 22 triliun," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waktu Berakhir, Perpanjangan Ekspor Freeport Belum Keluar


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading