Internasional

Harga BBM Melonjak, Maskapai di Nigeria Hentikan Penerbangan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
09 May 2022 20:47
Virgin Galactic’s carrier airplane WhiteKnightTwo carrying space tourism rocket plane SpaceShipTwo takes off from Mojave Air and Space Port in Mojave, California, U.S. December 13, 2018. REUTERS/Gene Blevins

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan Nigeria akan menangguhkan semua penerbangan domestik mulai hari ini, Senin (9/5/2022). Langkah ini diambil karena adanya kenaikan empat kali lipat harga bahan bakar jet.

Operator Maskapai Penerbangan Nigeria (AON) mengatakan harga bahan bakar jet melonjak dari 190 menjadi 700 naira Nigeria per liter (atau dari Rp6.000 menjadi hampir Rp24.700). Kenaikan harga bahan bakar jet ini terutama disebabkan karena serangan Rusia ke Ukraina pada Februari lalu.

Biaya bahan bakar telah melonjak di seluruh dunia sejak Rusia menyerang tetangga baratnya, yang memicu berbagai sanksi oleh Barat terhadap Moskow, pengekspor utama minyak dan gas dunia.


"Tidak ada maskapai penerbangan di dunia yang dapat menyerap kejutan mendadak semacam ini dari kenaikan astronomis seperti itu dalam waktu singkat," kata AON pada Sabtu (7/5/2022), dikutip oleh Aljazeera dari kantor berita.

AON juga menambahkan bahwa tiket pesawat untuk pelanggan sekarang akan menelan biaya 120.000 naira (Rp4,2 juta) untuk penerbangan satu jam, jumlah yang tidak terjangkau untuk Nigeria "sudah mengalami banyak kesulitan".

Akibatnya, AON, dengan menyesal, memberi tahu masyarakat umum bahwa maskapai anggota akan menghentikan operasi secara nasional mulai 9 Mei 2022 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kementerian penerbangan juga menanggapi dengan mendesak maskapai penerbangan untuk "mempertimbangkan efek berganda dari penutupan operasi, pada Nigeria dan pelancong global".

Badan perlindungan konsumen Nigeria juga meminta maskapai penerbangan domestik untuk mempertimbangkan dampak penutupan yang diusulkan terhadap penumpang dan besarnya kesulitan dan kesulitan yang terkait dengan tindakan tersebut.

"Kami prihatin dengan meningkatnya umpan balik konsumen bahwa maskapai penerbangan terus menjual tiket di luar tanggal yang diumumkan untuk penutupan layanan yang diusulkan," katanya.

Sementara warganet media sosial mengolok-olok maskapai yang menyarankan pelanggan mencari cara alternatif untuk bepergian.

"Maskapai penerbangan di Nigeria akan menutup layanan mereka untuk penumpang mulai Senin," kata tweet seseorang kepada lebih dari 110.000 pengikut.

"Saya harap Anda dapat melakukan perjalanan dari Lagos ke Abuja?" tulis mereka, tentang perjalanan lebih dari 700 kilometer (lebih dari 400 mil) melalui jalan darat antara kota terbesar di negara itu dan ibu kotanya, yang biasanya memakan waktu lebih dari satu jam dengan pesawat.

"Jika Anda menggunakan jalan, saya harap Anda memiliki uang tebusan?" tambah mereka, meremehkan kasus penculikan di bagian lain negara kaya minyak itu.

Nigeria memproduksi 1,4 juta barel minyak mentah per hari, tetapi hanya sedikit penyulingan. Hampir sepenuhnya bergantung pada impor bahan bakar, membuat pasar lokal rentan terhadap gangguan. Kenaikan harga bahan bakar telah menyebabkan pemadaman listrik berkepanjangan dalam beberapa pekan terakhir.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Resmi! Harga BBM 'Orang Kaya' Naik, Cek Harganya di Sini Gaes


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading