Fakta Putin Bakal Deklarasikan Perang Dunia 3 di 9 Mei 2022

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
06 May 2022 07:00
Russian President Vladimir Putin watches a test launch of the Sarmat intercontinental ballistic missile at Plesetsk cosmodrome in Arkhangelsk region, via video link in Moscow, Russia, April 20, 2022. Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin diprediksi bakal mengumumkan perang pada 9 Mei mendatang dan memobilisasi rakyat Rusia melawan dunia. Namun, pernyataan tersebut dibantah Rusia.

Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, yang mengatakan bahwa pengumuman perang oleh Putin itu tidak mungkin terjadi.

"Tidak benar. Itu omong kosong," kata Peskov dikutip dari Reuters, Jumat (6/5/2022).


Peskov menegaskan bantahan ini setelah sejumlah pihak, termasuk Inggris dan Amerika Serikat (AS), memperkirakan Putin akan mendeklarasikan secara resmi perang di Ukraina pada 9 Mei.

Diketahui, 9 Mei adalah hari kemenangan yang dirayakan tiap tahun di Rusia untuk memperingati kemenangan mereka dari Nazi pada 1945. Hari tersebut adalah sebuah hari pengorbanan besar Uni Soviet yang dibuat dalam mengalahkan Nazi Jerman dalam 'Perang Patriotik Hebat' (The Great Patriotic War).

Bantahan serupa juga disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Dia mengatakan tentaranya tidak akan mendasarkan tindakan sesuai dengan momentum tertentu.

"Kami akan memperingati kemenangan kami dengan sungguh-sungguh," tutur Lavrov.

Lavrov menuturkan, serangan di Ukraina akan berakhir tergantung pada kebutuhan untuk meminimalkan risiko bagi warga sipil dan tentara Rusia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Negosiasi Damai Rusia-Ukraina Mulai, Ini Syarat Putin


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading