Penampakan Rudal Canggih Punya RI yang Bikin Ukraina 'Ngiler'

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
04 May 2022 17:45
NASAMS Rudal Anti Misil

Jakarta, CNBC Indonesia - Perang antara Rusia dan Ukraina tampaknya tidak akan selesai dalam waktu dekat. Bahkan, Rusia beberapa waktu lalu kembali melepaskan roket ke Ukraina.

Negara-negara di Barat pun ramai-ramai memberikan bantuan peralatan militer ke Ukraina, mulai dari Amerika Serikat (AS) hingga Inggris.

Sebelumnya, Presiden Volodymyr Zelenskyy pun meminta bantuan persenjataan ke Indonesia yang disampaikan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui sambungan telepon. Sebab, Ukraina memang sangat membutuhkan peralatan militer yang cukup canggih untuk melawan negeri beruang merah.


Angkatan Udara (AU) Ukraina melalui akun Twitter resminya @KpsZSU, mengatakan bahwa guna melindungi negaranya dari serangan Rusia, maka salah satu solusi optimal yakni dengan menggunakan NASAMS (Norwegian Advanced Surface-to-Air Missile System) yang merupakan sistem pertahanan udara.

"Untuk melindungi Ukraina secara efektif, solusi optimal yakni sistem Patriot dari Amerika Serikat (AS) atau sistem NASAMS yang lebih murah dan lebih mobile dari Norwegia," kata AU Ukraina dikutip Rabu (4/5/2022).

Selain itu, Ukraina juga dapat mengoperasikan sistem rudal jarak jauh S-300 (SA-10) dan sistem rudal jarak menengah BUK-M1 era Soviet. Adapun peralatan tempur ini juga efektif dalam melawan musuh.

Untuk diketahui, NASAMS adalah peralatan pertahanan rudal canggih dari Norwegia, yang salah satunya dimiliki oleh Indonesia. RI sendiri sejauh ini telah menerima sistem pertahanan rudal NASAMS 2.

Menurut laporan Asia Pacific Defense Journal, peralatan tempur modern ini sudah dipesan RI dari Kongsberg Group Norwegia sejak tahun 2017.

Ukraina sampai saat ini memang masih menggunakan sistem rudal jarak jauh S-300 (SA-10) dan sistem rudal jarak menengah BUK-M1. Namun demikian, sistem pertahanan rudal tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak kompatibel untuk menghadapi persenjataan milik Rusia saat ini, seperti S-400.

"Rusia telah menembakkan lebih dari 1.000 rudal balistik dan jelajah serta menjatuhkan ratusan ton bom terarah ke kota-kota besar dan kecil di Ukraina. Sebagian besar bisa dicegat," tambah AU Ukraina.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Goks! Korsel Mau Pilpres Korut Malah Uji Coba Rudal ke-9


(Lidya Julita Sembiring/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading