Canggih Harga Murah, Ini Penampakan Motor 'Penghancur' Vespa

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 May 2022 16:45
Honda Genio (Dok: Astra Honda Motor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini, sepeda motor matic bergaya Vespa dari PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi dirilis. Motor baru di segmen skuter matic tersebut adalah New Honda Genio

Honda tengah agresif menggarap pasar skuter matic (skutik). Mungkin Honda ingin memperkuat posisi dan mengambil alih pasar Vespa, skuter asal Italia, di Indonesia.

AHM mengklaim motor ini tampil dengan gaya baru yang dapat menunjang kebutuhan, khususnya anak muda.


"Kami makin memperkuat dalam skutik penuh gaya. Bagian depan Genio menampilkan bentuk 3 dimensi yang semakin terlihat, sehingga memberi kesan kokoh sekaligus tampilan unik," kata Presiden Director AHM Keiichi Yasuda dikutip Jumat (22/4).

Ubahan pada desain cover dan fender depan menghadirkan bentuk 3 dimensi yang dilengkapi dengan garis berkarakter dan ekspresi tajam dan kuat.

Dalam perkenalannya, Honda mengungkapkan motor ini memiliki mesin 110 cc SOHC eSP (enhanced Smart Power) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang lebih irit bahan bakar. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm.

Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.

Dilengkapi bagasi yang kapasitasnya mencapai 14 liter untuk menyimpan barang kebutuhan berkendara harian serta kapasitas tangki bahan bakar 4,2 L, Genio tercatat punya konsumsi bahan bakar di angka 59,1 km/liter (fitur ISS on) sehingga mampu menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Sementara itu, ukuran ban tubeless terbaru yang lebih lebar, depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12. Jarak jok dengan tanah 744 mm mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan step floor yang luas.

New Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan total 6 pilihan warna stylish sesuai dengan tren gaya hidup masa kini. Tipe CBS yang dipasarkan di DKI Jakarta dengan harga on the road (OTR) Rp18.050.000. Sementara itu, tipe CBS-ISS yang dipasarkan dengan harga OTR Rp18.650.000.

Jika dibandingkan dengan harga Vespa, tentu Genio jauh lebih terjangkau.

Mengutip situs vespa.co.id, harga Vespa Limited Edition versi PT Piaggio Indonesia 10th Anniversary Sprint 150 i get dibanderol Rp60 juta OTR Jadetabek.Sedangkan banderol harga seri Vespa GTS Super Sport 150 I-GET ABS hampir Rp 70 juta per unit, tepatnya Rp69.900.000 harga OTR Jadetabek.

Saingan Vespa di Pasar Jepang

Di negara asalnya, cakar Honda di pasar skutik pun terbilang kuat. Mungkin karena itu, Honda di awal tahun 2022 juga merilis ulang Giorno. Skuter klasik yang khusus dijual di pasar domestik Jepang.

Honda pada 20 Januari 2022, merilis ulang Giorno dengan 5 pilihan warna baru lebih trendi, unik, dan lebih menonjol. Honda Giorno sendiri sudah dilahirkan sejak tahun 1992. Desainnya diklaim ramah pengguna, memadukan gaya dan fungsi.

Versi 2022 kali ini dilengkapi dengan bagasi luas, 20 liter, soket pengisian data, tempat botol, dan kait untuk menggantung helm.

Desain retro menambah nilai lebih penampilan Giorno dibanderol 209.000 yen, termasuk pajak konsumsi 10%.


[Gambas:Video CNBC]

(dem)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading