Penampakan Innova Hybrid Bikin Mitsubishi-Hyundai Minder Nih?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
01 May 2022 13:30
Mobil Listrik Toyota Innova EV yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2022 telah berlalu. Namun, masih ada cerita menarik dari para pabrikan, salah satunya PT Toyota Astra Motor.

Pada Kamis (31/3/2022), Toyota memperkenalkan Toyota Kijang Innova EV. Peluncuran itu terbilang mengagetkan karena Toyota tidak memberikan kisi-kisi mobil ini bakal diperkenalkan dalam waktu dekat.

Selain Toyota, ada pabrikan mobil lain yang sudah menyeriusi segmen mobil listrik ini, misalnya Hyundai dengan Hyundai Ioniq 5. Selain itu, Mitsubishi juga sudah mengenalkan Minicab MiEV.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa dipilihnya Kijang sebagai mobil EV karena sangat identik dengan Indonesia. Namun, dia belum bisa memastikan kapan bakal merilisnya secara massal.

"Nanti kita kabari lagi, yang pasti kita terus mempelajari pasarnya bagaimana dan lain-lain," katanya kepada CNBC Indonesia di booth Toyota dikutip Minggu (1/5/2022).

Kijang Innova EV Concept Study Car ini hadir dengan warna serba putih, dengan sentuhan grafis warna biru, serta logo Toyota krom dilapis warna biru. Ciri khas mobil listrik di Innova EV ini tampak dari bagian grille yang tertutup rapat, yang artinya mobil ini tidak butuh lagi sistem pendingin seperti pada mobil pembakaran dalam atau ICE.

Toyota mengatakan proyek Kijang Innova BEV Concept Study Car bertujuan mengeskalasi kemampuan engineer Indonesia serta mengembangkan kapabilitas SDM nasional di bidang elektrifikasi.

"Lewat produk ini Toyota Indonesia dapat merealisasikan transfer pengetahuan, inovasi teknologi, dan peningkatan kemampuan SDM industri otomotif kepada seluruh rantai pasok hingga para akademisi yang selaras dengan moto Toyota Indonesia We Make People Before We Make Product," tulis Toyota.

Sebelum meluncur secara resmi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang sudah memberi bocoran Toyota bakal memperdalam kendaraan di segmen elektrifikasi.

"Toyota menyampaikan komitmen untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi yang diawali dengan produksi Kijang Hybrid," jelasnya beberapa waktu lalu.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Toyota New Fortuner vs Pajero Sport, Siapa yang Lebih Unggul?


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading