Harta Karun Miliaran Ton Emas RI Gak Cuma di Dekat Mandalika!

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
28 April 2022 16:15
Ibu Kota Baru RI Dikepung

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu daerah yang baru-baru ini digadang memiliki 'harta karun' emas besar yaitu daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Adapun potensinya dikabarkan mencapai sekitar 2 miliar ton bijih emas.

Temuan sumber daya emas-tembaga di NTB ini diungkapkan oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM). Perusahaan tambang ini mengumumkan hasil perkiraan terbaru potensi sumber daya tembaga-emas Onto di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Angka perkiraan potensinya diyakini luar biasa.

Hingga Desember 2021, Sumbawa Timur Mining mencatat bahwa wilayah ini memiliki total potensi sumber daya mineral tertunjuk sebesar 1,1 miliar ton, dari jumlah itu rinciannya 0,96% Cu (Tembaga) dan 0,58 g/t Au (Emas) dan total potensi sumber daya mineral tereka sebesar 1,0 miliar ton terdiri dari 0,7% tembaga dan 0,4 g/t emas.


Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan perkiraan potensi sumber daya mineral yang telah diumumkan pada Desember 2019 lalu. Pada saat itu, perusahaan mengumumkan total potensi sumber daya mineral tertunjuk sebesar 0,76 Miliar ton dengan rincian 0,93% tembaga dan 0,56 g/t emas dan total potensi sumber daya mineral tereka sebesar 0,96 miliar ton dengan 0,87% tembaga dan 0,44 g/t emas.

Perkiraan potensi sumber daya mineral Onto per Desember 2021 meningkatkan sebesar 0,4 Miliar ton. Atau setara dengan peningkatan sebesar lebih 20% dibandingkan dengan per Desember 2019.

Presiden Direktur STM, Bede Evans mengatakan perkiraan potensi sumber daya mineral terbaru ini memperkuat optimisme perusahaan bahwa sumber daya mineral Onto memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut, terutama untuk menjadi sebuah operasi pertambangan tembaga kelas dunia.

"Peningkatan potensi sumber daya mineral Onto sebesar 0,4 miliar ton adalah hasil dari kerja keras dan komitmen tim di Proyek Hu'u selama dua tahun terakhir. Perkiraan terbaru ini juga telah memberikan optimisme bagi para pemegang saham STM dan seluruh tim STM," kata dia dalam konferensi pers yang dikutip, Sabtu (23/4/2022).

Namun, apakah daerah NTB ini memang pemilik 'harta karun' emas terbesar di Indonesia? Simak di halaman berikutnya..

Daerah Penyimpan Harta Karun Emas Terbesar RI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading