Tesla Mau Masuk RI, Cek Dulu Nih Gaji Para Pegawainya!

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
28 April 2022 14:30
Pabrik Tesla (ASSOCIATED PRESS/Michael Macor)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dalam dua tahun belakangan ini gencar mendekati perusahaan pabrikan kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla Inc, untuk berinvestasi di Indonesia.

Pemerintah pun menawarkan investasi di bidang ekosistem kendaraan listrik, mulai dari baterai kendaraan listrik, "power bank" raksasa alias Energy Storage System (ESS), hingga pabrik kendaraan listrik.

Adapun salah satu pejabat negara yang gencar melobi perusahaan milik Elon Musk ini yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Luhut pun sudah berdiskusi dengan tim Elon Musk beberapa kali. Bahkan terbaru, dalam lawatan kerjanya ke Amerika Serikat beberapa hari lalu Luhut pun bertemu langsung dengan Elon Musk.

Dalam pertemuan ini, ternyata Luhut tidak hanya menawarkan pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik, tapi juga menawarkan Elon Musk untuk turut berinvestasi membangun pabrik mobil listrik di RI.

Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Perkasa Roeslani yang turut mendampingi Luhut dalam pertemuan dengan CEO Tesla Elon Musk.

"Pak Luhut menawarkan untuk juga membangun pabrik mobil Tesla di Indonesia," kata Rosan kepada CNBC Indonesia, Rabu (27/4/2022).

Adapun pada pertengahan Mei mendatang, kata Rosan, Elon Musk akan mengirim tim Tesla untuk berkunjung ke Indonesia guna menindaklanjuti rencana investasi pada bahan baku kendaraan listrik.

Sementara pada pertemuan tersebut, keduanya dikabarkan tidak membahas lebih detail kembali mengenai rencana investasi Tesla pada proyek power bank raksasa atau Energy Storage System (ESS). Padahal, sebelumnya Tesla sangat menginginkan untuk berinvestasi pada proyek ini.

Melalui akun Instagram resminya Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa pada 14 Mei 2022 saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat, Elon Musk berjanji untuk menemui langsung Presiden Jokowi. Bahkan, Presiden Jokowi dikabarkan akan meninjau langsung SpaceX yang juga milik Elon Musk ini.

"Nanti pada tanggal 14 Mei saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, Elon berjanji akan mengubah schedule-nya demi menemui langsung Presiden Jokowi yang juga dijadwalkan akan mengunjungi SpaceX. Saya juga mengundang Elon untuk datang ke Indonesia dalam forum B-20, yaitu salah satu rangkaian dari perhelatan G-20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November nanti," ungkap caption Luhut di Instagram pribadinya, dikutip Rabu (27/4/2022).

Bila Tesla benar akan membangun pabrik mobil listriknya di RI, maka tentunya ini akan membuka lapangan kerja bagi warga Indonesia.

Pasalnya, bila merujuk pada beberapa situs terkait pencarian kerja dan juga laporan gaji perusahaan global, gaji karyawan Tesla disebutkan mencapai rata-rata sekitar US$ 101 ribu per tahun atau sekitar Rp 1,4 miliar per tahun (asumsi kurs Rp 14.300 per US$), atau sekitar Rp 120 juta per bulan.

Adapun kisaran gaji karyawan Tesla bisa mencapai US$ 68 ribu - US$ 145 ribu (Rp 972 juta - Rp 2 miliar) per tahun.

Lantas, berapa saja rincian gaji per posisinya? Simak di halaman berikutnya..

Rincian Gaji Karyawan Tesla Global
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading