Gantikan Minyak Rusia, Minyak Arab Segera Menuju Eropa

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
25 April 2022 20:51
Perahu mengambang di depan terminal penyimpanan minyak VOPAK di Johor, Malaysia 7 November 2017. REUTERS / Henning Gloystein

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah unit pengiriman TotalEnergies, perusahaan minyak dan gas bumi asal Prancis, untuk sementara menyewa sebuah kapal tanker untuk memuat minyak mentah Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada awal Mei untuk tujuan Eropa.

Pengiriman minyak dari Abu Dhabi ke Eropa ini merupakan kali pertama dalam dua tahun, menurut para pedagang dan laporan pengiriman pada hari Senin (25/04/2022), dikutip dari Reuters.

CSSSA, armada pengiriman TotalEnergies, menyewa kapal tanker suezmax Moscow Spirit untuk memuat 1 juta barel minyak mentah Murban dari pelabuhan Jebel Dhanna di Uni Emirat Arab untuk Inggris pada 1-3 Mei pada tingkat skala dunia 60 poin, laporan pengiriman menunjukkan.


Sebelumnya, berdasarkan data Refinitiv Eikon, minyak Das asal Abu Dhabi dikirimkan ke Italia pada Mei 2020.

Seperti diketahui, sejumlah negara Eropa beralih mengganti minyak asal Rusia ke Timur Tengah sejak serangan Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu.

Diperkirakan beragam jenis minyak mentah Abu Dhabi, seperti Murban, Das dan Zakum Atas, dikirimkan ke Eropa dalam beberapa bulan mendatang untuk menggantikan kekurangan pasokan dari Rusia karena Uni Eropa mempersiapkan lebih banyak sanksi terhadap impor minyak Rusia, kata para pedagang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan menggantikan beberapa pasokan minyak Rusia jauh dari Asia.

Perlu diketahui, Rusia merupakan negara asal impor minyak terbesar Eropa yakni mencapai 26% dari total impor minyak Eropa pada 2020.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sederet Perusahaan yang Borong & Setop Beli Minyak Rusia


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading