Kilang Minyak Ilegal Meledak, Ratusan Orang Tewas Terpanggang

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
25 April 2022 11:25
Ledakan kilang minyak ilegal di Nigeria. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Setidaknya 109 orang tewas ditemukan akibat kejadian kebakaran kilang minyak ilegal di Rivers State, salah satu daerah penghasil utama minyak di Nigeria, Minggu (24/04/2022).

Mengutip CNN, aparat keamanan Nigeria atau Nigeria Security and Civil Defense Corps (NSCDC) mengatakan, kebakaran terjadi di situs bukering ilegal yang terletak di perbatasan antara negara bagian Rivers dan Imo.

Aparat menyebut, anak-anak dan sejumlah wanita merupakan di antara ratusan korban yang ditemukan tewas tersebut.


"Api telah menyebabkan kematian pria, wanita dan anak-anak dalam ratusan," ungkap aparat keamanan Nigeria, dikutip dari CNN, Senin (25/04/2022).

Pihak aparat pun mengatakan bahwa sisa-sisa beberapa korban "terbakar tanpa bisa dikenali."

Menurut laporan media lokal, tim tanggap darurat telah menghitung 109 mayat, sementara yang lain masih hilang.

Pada Oktober tahun lalu, 25 orang, termasuk anak-anak, juga tewas dalam ledakan di kilang penyulingan ilegal di Rivers State ini.

Pencurian minyak dan pemurnian artisanal minyak mentah adalah praktik umum di wilayah delta negara itu. Praktik tersebut melibatkan pemrosesan minyak mentah untuk mengekstrak bahan bakar yang berkontribusi terhadap polusi di wilayah tersebut.

Angka pemerintah yang dirilis tahun lalu dan dilaporkan oleh media Nigeria menemukan bahwa lebih dari 400.000 barel minyak mentah hilang karena pencurian setiap hari.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Abang-Abang Gorengan Menjerit, Harga Minyak Goreng Selangit!


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading