Jerman Borong 60 Helikopter Canggih AS CH-47F Chinook

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 April 2022 14:00
Helikopter CH-47F Chinook (Dok. Boeing)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jerman akan membeli 60 helikopter angkut berat CH-47F Chinook dari Boeing (BA.N) senilai sekitar 5 miliar euro (Rp 78 triliun) untuk meningkatkan persenjataan militernya. Berita ini dilaporkan langsung oleh surat kabar Bild am Sonntag mengutip sumber-sumber pemerintah (24/4).

Menurut surat kabar itu, Helikopter akan dibiayai dari 100 miliar euro yang direncanakan dana khusus untuk militer yang diumumkan Kanselir Olaf Scholz setelah invasi Rusia ke Ukraina.


Helikopter tersebut dikirimkan paling cepat pada 2025/26 dan akan menggantikan helikopter CH-53G yang telah berusia sekitar 50 tahun unit Sikorsky dari pembuat senjata AS Lockheed Martin (LMT.N).

Surat kabar itu juga mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Christine Lambrecht akan memberi tahu parlemen tentang keputusan itu minggu depan.

Diantara pesaing untuk kesepakatan itu yakni CH-53K King Stallion Lockheed Martin. Namun Bild mengatakan bahwa model Boeing yang lebih murah dan fakta bahwa banyak sekutu NATO juga menerbangkan Chinook adalah alasan untuk memilih CH-47F.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan belum ada keputusan tentang pembelian helikopter.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sah! Olaf Scholz Jadi Kanselir Jerman, Gantikan Angela Merkel


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading