Mau Kerja di Pertamina Cs? Ternyata Segini Lho Gajinya..

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
22 April 2022 13:17
Ada 2.700 Lowongan Kerja di BUMN, Berapa Standar Gajinya?

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengadakan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 dan menghadirkan lebih dari 2.700 lowongan kerja.

Ada sekitar 50 BUMN yang terlibat dalam program Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Program rekrutmen ini sudah diluncurkan Menteri BUMN Erick Thohir per Selasa (12/4/2022).

Untuk masa pendaftaran, dibuka sejak Kamis, 14 April 2022 hingga Senin, 25 April 2022. Para pelamar bisa mengunjungi situsĀ rekrutmenbersama.fhcibumn.id.


Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, selain membuka program rekrutmen bersama, BUMN selama ini juga terus memperkuat fondasi dan jumlah talenta digital.

Saat ini jumlah talenta digital di BUMN baru mencapai 1%. Jumlah ini di bawah target 20% yang dicanangkannya.

Erick juga menyebut potensi bonus demografi Indonesia harus dimanfaatkan agar kemerosotan ekonomi tidak dialami negara ini di masa depan. Apalagi saat ini pola perekonomian yang terjadi sudah memiliki pola knowledge based economy.

"Banyak contoh kasus di dunia beberapa negara pada tahun 1980-an, yang punya potensi seperti Indonesia, tak ambil langkah besar sehingga ekonominya kembali merosot. Kita akan hadapi ini di 2038 nanti ketika piramida kita mulai berbalik. Kita masih ada waktu. Karena itu penting kita menjaga tak hanya pertumbuhan ekonomi, tapi memastikan talenta yang cakap dan berkapabilitas dan punya karakter yang baik," kata Erick.

Adapun salah satu sektor BUMN yang digadang-gadang memberikan gaji dan fasilitas yang tinggi bagi karyawannya yaitu BUMN sektor energi. Lantas, berapakah gaji di BUMN sektor energi ini? Simak ulasan CNBC Indonesia berikut ini, mengutip dari berbagai sumber.

1. PT Pertamina (Persero):

Mengutip dari beberapa situs pencari kerja dan gaji, gaji terendah di Pertamina ada pada jenis pekerjaan bidang pelayanan pelanggan (Customer Service), petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pustakawan, selain pegawai magang.

Gaji petugas SPBU disebut berada pada kisaran Rp 1,9 juta sampai Rp 5,1 juta per bulan.

Untuk posisi Site Engineer digaji Rp 30 juta-Rp 33 juta, sedangkan untuk level engineer saja bergaji Rp 19 juta-Rp 21 juta per bulan.

Untuk level Analis per bulannya menerima Rp 10 juta-Rp 37 juta dan untuk IT specialist sebesar Rp 19 juta-Rp 21 juta.

Untuk posisi Manager digaji Rp 15 juta-Rp 16 juta per bulannya dan untuk posisi staf sebesar Rp 5 juta-Rp 6 juta.

Untuk Pekerja Kilang sekitar Rp 14 juta-Rp 26 juta per bulan, Reservoir Engineer 21,84 juta-Rp 32,74 juta.

Gaji karyawan paling tinggi diterima oleh pimpinan bidang masing-masing, antara lain pengawas HSE (HSE Supervisor) Rp 24,16-26,3 juta, Engineering Manager Rp 55,5 juta-Rp 59,9 juta, Manager IT Solution Rp 57,5 juta-Rp 62,5 juta, dan Chief Supply Chain sekitar Rp 63,59 juta-Rp 68,97 juta per bulan.

Namun demikian, perlu dicatat bahwa jumlah tersebut bisa saja lebih tinggi bila ada bonus atau tunjangan tambahan.

Bagaimana dengan BUMN lainnya? Cek di halaman berikutnya ya..

Gaji BUMN Energi (2)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading