Dari Jakarta atau Bandung Mudik ke Jalur Selatan, Ini Rutenya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
22 April 2022 16:30
Pansela (Biro Pers Kementerian PUPR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemudik saat ini didorong untuk melakukan mudik melalui Jalur Pantai Selatan (Pansela) dari Jakarta dan Jawa Barat menuju wilayah Jawa Tengah dan seterusnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban di jalur utama seperti Pantai Utara dan jalur tengah jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, mengatakan lintas Pansela yang sudah dibangun sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan provinsi Jawa Timur Sehingga secara total jalan yang terhubung mencapai 1.242 kilometer.

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu. kita bangun bertahap. nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga terhubung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," kata Basuki dalam keterangan dikutip, Kamis (22/4/2022).


Ruas Pansela membentang melintasi 5 provinsi di pulau Jaya. mulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

memang secara jarak tempuh jalur Pansela ini sedikit lebih jauh ketimbang menggunakan jalur tol. Namun ini bisa menjadi alternatif dibanding harus bermacet-macetan di tol nanti.

Rincian Ruas dari Serang - Yogyakarta

Pemudik yang berasal dari Serang, Banten bisa melalui ruas simpang Labuan menuju arah Panimbang ke selatan pulau Jawa hingga Batas Provinsi Jawa Barat. melewati kabupaten Pandeglang, Plotot (Kabupaten Lebak), Karang Hawu (kabupaten Sukabumi), Sindang Barang, Cidaun, Pamengpeuk Garut, Pangandaran, Cilacap, Jogja hingga jalur terakhir di Pacitan.

Rincian Jalan Dari Jakarta - Yogyakarta

Sementara jika pemudik berasal dari Jakarta bisa menuju Bandung terlebih dahulu via tol, lalu menuju Garut, Tasikmalaya, Ciamis sampai Banjar, lalu kemudian dilanjutkan perjalanan di sisi Jawa Tengah melalui Cukangleuleus, Sidareja, sampai Cilacap, hingga masuk Jalur Pantai Selatan wilayah Jawa Tengah.

Atau pemudik bisa melalui Puncak Bogor sampai Sindang Barang Cianjur (Cianjur-Sindang Barang jalannya tak mulus), lalu masuk jalan nasional yang mulus dari Sindang Barang sampai Pamengpeuk ke Pangandaran, Cilacap hingga masuk pada Jalur Pantai Selatan wilayah Jawa Tengah.

Rincian Jalan Dari Bandung - Yogyakarta

Pemudik yang berasal dari Bandung menuju Yogyakarta via Pansela bisa melalui jalan nasional menuju Tasikmalaya, Banjar, Cukangleuleus sampai Cilacap hingga Jalur Pantai Selatan Jawa.

Atau bisa melalui Cianjur menuju Sindang Barang, yang melewati Ciikalong, Pangandaran, Cilacap hingga Jalur Pantai Selatan Jawa menuju Yogyakarta.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Super Keren! Penampakan Jalur Pansela, Alternatif Mudik 2022


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading