Dear Pemudik, Anda Bisa Pulang Kampung dan Dapat Booster

News - Intan R. Dewi, CNBC Indonesia
20 April 2022 20:58
Video: Simak! Jadwal Pembatasan Kendaraan Berat di Jalan Tol Saat Mudik

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk pertama kalinya sejak pandemi, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik lebaran. Salah satu yang menjadi syarat mudik adalah vaksin booster.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan pos kesehatan yang menyediakan layanan vaksin booster di jalur mudik. Ada sekitar 340 pos kesehatan, namun pihaknya masih mengoordinasikan dengan pihak terkait untuk memastikan apakah semuanya bisa menyediakan layanan vaksinasi.

"Karena kami akan menghitung jarak antara pos kesehatan ini dan juga SDM (sumber daya manusia) yang tersedia," ujar Nadia saat konferensi pers virtual, Rabu (20/4/2022).



"Untuk kuota vaksin itu bisa 100-200, kalau di posko mudik mungkin hanya tak kurang dari 100 yang kita berikan," ungkapnya. Sementara, sesuai kesepakatan, di Puskesmas, rumah sakit, dan juga di kantor-kantor kesehatan, sudah pasti akan tersedia sentra vaksinasi. Untuk jumlah dosis vaksin yang disediakan di setiap tempat berbeda-beda.

Kendati ada sentra vaksin, Nadia tetap mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi sebelum mudik agar bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman. Sebab jika melakukan vaksin saat mudik, dikhawatirkan akan ada keluhan atau efek samping yang malah bikin mengganggu perjalanan.

Ia juga meminta para pengelola moda transportasi dan yang akan melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, pengemudi sudah melakukan vaksinasi booster sesuai jadwal.

"Jangan kemudian justru para pengemudi ini mendapatkan vaksinasi pada saat mudik dilakukan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Fenomena 'Balas Dendam' Mudik, Bandara Membeludak Orang!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading