Rusia Cari Sekutu Nih! India Dikirimi Pasokan Alutsista

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
17 April 2022 07:30
Tentara Brigade Marinir ke-36 Ukraina, termasuk 162 diantaranya berpangkat perwira, telah menyerah di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung oleh pasukan Rusia di Ukraina. (via REUTERS/RURTR)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan Rusia dan India semakin erat pasca negara pecahan Uni Soviet ini mengirim simulator dan peralatan lain untuk skuadron pelatihan sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf.

Mengutip NDTV, pengiriman yang dilakukan Rusia mencakup simulator dan peralatan terkait pelatihan lainnya. Pengiriman idak termasuk rudal atau peluncur.
Terlepas dari konflik yang sedang berlangsung, pasokan pertahanan dari Rusia untuk India terus berlanjut karena pasukan pertahanan negara itu telah menerima pengiriman mesin dan suku cadang pesawat yang telah dirombak.

"Pasukan pertahanan telah menerima pengiriman dari Rusia baru-baru ini dan masih berlanjut. Sejauh ini, tidak ada kesalahan pasokan untuk pasukan kami," kata seorang sumber pemerintah setempat, dikutip Minggu (17/4/2022).



Sumber tersebut mengatakan pihak India dan Rusia sedang bekerja untuk menemukan cara mengatasi masalah banyaknya sanksi internasional, dan berbagai opsi menghadapinya.

Pasokan terbaru dari Rusia termasuk overhaul mesin pesawat tempur dan suku cadang untuk armada pesawat. India juga menerima bagian akhir dari sistem pertahanan udara S-400 Triumf dari Rusia yang skuadron pertamanya beroperasi dengan elemen-elemennya dikerahkan untuk menangani ancaman dari Pakistan dan China.

India adalah salah satu pengguna terbesar persenjataan Rusia termasuk platform utama seperti jet tempur, pesawat angkut, helikopter, kapal perang, tank, kendaraan tempur infanteri dan kapal selam.

Selama beberapa dekade terakhir, Rusia telah memperluas basis sumbernya dengan memasukkan peralatan dari negara-negara seperti AS, Prancis, dan Israel secara besar-besaran, tetapi ketergantungan pada Rusia masih sangat tinggi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Deal! India Beli 3 Juta Barel Minyak Rusia


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading