Makin Panas! Rusia Provokasi Jepang Pakai Rudal

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
17 April 2022 07:00
Senapan dan kapak tergeletak di lapangan tempat tentara Ukraina menggali parit jika terjadi invasi Rusia lainnya, di Bucha, di pinggiran Kyiv, Ukraina. (AP/Rodrigo Abd)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia mulai bergerak memancing perhatian Jepang di tengah konflik dengan Ukraina. Hal ini dilakukan dengan cara mengujicoba rudal jelajah di Laut Jepang.

Mengutip NHK, Minggu (17/4/2022), Kementerian pertahanan Rusia mengatakan dua dari kapal selamnya telah berhasil melakukan uji coba rudal jelajah. Langkah itu dilakukan saat Jepang-AS melakukan latihan militer bersama.

Rudal Kalibr diluncurkan Rusia dari dua kapal selam bertenaga diesel yakni Petropavlovsk-Kamchatskiy dan Volkhov. Kegiatan ini dilakukan beberapa hari lalu.
Rusia telah menggunakan rudal jelajah Kalibr dalam perangnya melawan Ukraina. Kementerian mengatakan lebih dari 15 kapal dari armada ikut serta dalam latihan tersebut.


Peluncuran ini dilakukan saat Pasukan Bela Diri Maritim Jepang dan Angkatan Laut AS sedang melakukan latihan bersama di Laut Jepang. Latihan Rusia tampaknya ditujukan untuk memeriksa kegiatan bersama Jepang-AS.

Kementerian Luar Negeri Jepang menyampaikan keprihatinannya kepada Kedutaan Besar Rusia di Tokyo pada Kamis lalu melalui telepon atas peluncuran rudal tersebut. Mereka mengatakan kepada Rusia untuk menahan diri dari mengambil tindakan yang akan meningkatkan ketegangan di Asia Timur Laut, sementara masyarakat internasional termasuk Jepang telah berulang kali dan mengkritik invasi Rusia ke Ukraina.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Rusia Rilis Video Serangan Udara ke Militer Ukraina


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading