Ambisi Ngeri Xi Jinping, China Kuasai Antariksa Kelas Dunia

News - Intan Rakhmayanti, CNBC Indonesia
15 April 2022 21:41
LinkSpace's reusable rocket RLV-T5, also known as NewLine Baby, blasts off  during a test launch on a vacant plot of land near the company's development site in Longkou, Shandong province, China, April 19, 2019. REUTERS/Jason Lee  SEARCH

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping telah meminta Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Pulau Selatan Hainan untuk dibangun menjadi pusat antariksa kelas dunia.

Xi membuat pernyataan tersebut pada Selasa (12/4), ketika ia mengunjungi kompleks peluncuran terbaru dan paling selatan di China.

Xi mengatakan bahwa pusat Wenchang harus menjunjung tinggi semangat kerja keras dan ketekunan, meneliti perkembangan terbaru di bidang ruang angkasa global dan strategi strategis.


Tempat tersebut juga harus memenuhi kebutuhan industri luar angkasa China, memperkuat misi dan tanggung jawabnya, memimpin dalam inovasi dan secara komprehensif meningkatkan kemampuan peluncuran luar angkasanya, demikian dikutip dari Chinadaily, Jumat (15/4/2022)

Dia menekankan bahwa fasilitas tersebut ditugaskan untuk melayani roket pembawa angkat berat generasi baru China, dan memainkan peran penting dalam upaya eksplorasi luar angkasa China.

Presiden Xi mengatakan pusat itu harus membuat rencana dan persiapan penuh untuk misi peluncuran di masa depan, yang akan mengerahkan beberapa pesawat ruang angkasa di orbit untuk menyelesaikan stasiun ruang angkasa Tiangong China.

Tak sampai di situ, mereka juga harus berusaha untuk membuat semua misi yang direncanakan berhasil dan membuat pencapaian baru untuk menyambut Kongres Nasional Partai Komunis China ke-20, yang dijadwalkan akan diadakan akhir tahun ini.

Didampingi oleh Jenderal Zhang Youxia, wakil ketua Komisi Militer Pusat, dan beberapa perwira tinggi militer lainnya, Xi memeriksa menara peluncuran dan infrastruktur lainnya dan mendengarkan laporan tentang kondisi pusat dan rencana pengembangan serta pekerjaan persiapan untuk misi masa depan

Menurut sebuah laporan di China Central Television, Xi diberi tur berpemandu ke ruang perakitan dan pengujian pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 4 dan roket pembawa Long March 7 yang akan membawa pesawat kargo ke luar angkasa.

Melalui tur ini, Xi telah menyelesaikan inspeksinya terhadap semua fasilitas peluncuran luar angkasa China.

Setelah bertahun-tahun melakukan seleksi dan diskusi, pemerintah pusat memutuskan untuk membangun lokasi peluncuran di Wenchang, provinsi Hainan, pada tahun 2007.

Pekerjaan konstruksi dimulai pada September 2009 dan selesai pada Oktober 2014. Peluncuran pertama di fasilitas berlangsung pada Juni 2016 dengan debut roket Long March 7.

Mencakup sekitar 12 kilometer persegi, setara dengan 1.700 lapangan sepak bola, pusat ini bertugas meluncurkan satelit kelas berat, probe luar angkasa, dan komponen stasiun luar angkasa Tiangong.

Keuntungan terbesar dari fasilitas ini adalah garis lintangnya yang rendah, hanya 19 derajat utara khatulistiwa, yang memungkinkan roket menghemat bahan bakar yang cukup besar dan membawa muatan yang lebih berat, dibandingkan dengan peluncuran dari tiga pusat lainnya di China.

Sejauh ini, pusat Wenchang telah melayani 16 misi peluncuran. Ini adalah satu-satunya fasilitas peluncuran di China yang mampu meluncurkan roket seri 5 Long March, yang terbesar dan paling kuat di armada roket negara itu.

Penjelajah bulan Chang'e 5 China, penjelajah Mars Tianwen 1 dan modul inti stasiun ruang angkasa Tiangong semuanya diluncurkan dari fasilitas tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sempat Tekan Alibaba Cs, Ini Ramalan Suram Ekonomi China 2022


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading