Internasional

Dua Negara Ini Mau Gabung NATO, Rusia Beri Ancaman Nuklir

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 April 2022 21:45
7 Fakta Terbaru, Perang Rusia-Ukraina, Putin Menyerah?

Jakarta, CNBC Indonesia - Finlandia dan Swedia akan menjadi musuh baru Rusia jika kedua negara tersebut bergabung dengan aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO berpotensi memicu ancaman nuklir baru dari Rusia.

"Perubahan itu akan memberi Moskow lawan yang lebih terdaftar secara resmi," tulis Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev di Telegram, sebagaimana dikutip oleh CNBC International, Kamis (14/4/2022).


Medvedev juga secara eksplisit mengangkat kembali ancaman nuklir dengan mengatakan bahwa tidak akan ada lagi pembicaraan tentang Baltik "bebas nuklir". "Tidak ada lagi pembicaraan tentang status bebas nuklir untuk Baltik, keseimbangan harus dipulihkan," kata Medvedev yang juga pernah menjabat Presiden Rusia dari 2008 hingga 2012.

Namun, hingga saat ini, Rusia belum berencana melakukan hal tersebut. Namun dia tidak menutup kemungkinan itu apabila negaranya terus didesak.

Medvedev juga mengeklaim bahwa NATO berencana untuk menerima dua negara Nordik, yang sampai sekarang telah bermitra dengan aliansi militer beranggotakan 30 orang tetapi tetap netral, dengan "prosedur birokrasi yang minimal."

"Tanggapan Rusia harus diambil dengan tanpa emosi, dengan kepala dingin," tambahnya.

Komentar itu muncul sehari setelah para pemimpin Finlandia dan Swedia mengatakan keputusan mereka tentang pengajuan keanggotaan NATO yang akan datang dalam hitungan minggu. Mereka mengatakan penilaian keamanan mereka telah berubah secara dramatis setelah serangan Rusia ke Ukraina.

Rusia sebelumnya mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada 24 Februari dari wilayah Kremlin dan Belarusia dalam "operasi militer khusus" yang dirancang untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" negara tetangganya tersebut.

Ukraina telah meningkatkan perlawanan sengit dan negara-negara Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran yang dirancang untuk memaksa Rusia menarik pasukannya dari Ukraina.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

NATO Bocorkan Peran Negara "Pembantu" Rusia, Ada Soal Nuklir


(tfa/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading