Asik! Mudik Jakarta-Bandung Lewat Tol Gratis Ini Cuma Sejam

News - redaksi, CNBC Indonesia
14 April 2022 08:30
Suasana proyek Tol Jakarta – Cikampek II Selatan di kawasan Sadang, Jawa Barat, Jumat (25/3/2022). Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan memiliki panjang 64 km yang terdiri atas 3 seksi. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) tengah mengebut pembangunan Jalan tol Jakarta - Cikampek II Selatan.

Rencananya, jalan tol ini akan difungsionalkan untuk jalur alternatif periode angkutan Lebaran 2022.

Meski jalurnya meliuk-liuk, keberadaan tol ini nantinya justru akan memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung. Jadi hanya 1 jam. Dengan asumsi bila seluruh ruas tol ini sudah terhubung penuh dari Jatiasih, Bekasi ke Sadang, Purwakarta sepanjang 62 km.


"Persiapan saat Lebaran nanti sudah boleh melintas, rencana untuk fungsional alternatif ketika terjadi kemacetan di jalan tol dan arteri Cipularang dan Cikampek. Kalau di sana macet ini jadi alternatif keluar di tol untuk menuju ke arah Karawang Timur," kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan Bambang Sulistyo kepada CNBC Indonesia, akhir Maret lalu.

Karena itulah, pengguna belum akan dikenakan biaya alias gratis.

Meski demikian, ujar Bambang, pihaknya tetap menyiapkan infrastruktur jalan baik rambu-rambu dan gerbang tol.

"Bebas biaya (saat fungsional musim mudik 2022). Tapi, nanti ada gerbang tol untuk menangkap kendaraan dari arah Bandung mau keluar, harus bayar dulu. Tapi jalur ini tidak bayar," kata Bambang.

Proyek yang terbagi dalam 3 paket ini bernilai Rp14,69 triliun dan masa konsesi 35 tahun. Yang diharapkan dapat meningkatkan mobilitas serta menurunkan biaya logistik dari wilayah yang dilewati.

Bambang menjelaskan, paket 1 tol Japek II Selatan akan dimulai dari Jatiasih-Setu, lalu paket 2 dari Setu ke Tamanmekar, dan paket 3 Tamanmekar ke Sadang sepanjang 27,85 km. Namun karena perubahan titik interchange(simpang susun), panjang ruas paket 3 diprediksi jadi sekitar 30 km.

Dia menambahkan, ruas paket 3 akan jadi yang pertama dikerjakan, sedangkan paket 1 dan 2 dalam persiapan teknis.

"Paket 3 ini adalah yang pelaksanaan pembebasan lahan lebih mudah. Untuk paket 3 sudah clear 100%," kata Bambang.

Sehingga, Seksi 3 (Taman Mekar-Sadang) 27,85 km diharapkan bisa difungsikan mengakomodir arus balik Lebaran 2022 meski belum resmi operasi.

"Kami menargetkan menyelesaikan konstruksi dari seksi 3 (Tamansari-Sadang) di akhir 2022, dengan rencana pengoperasian di awal tahun 2023," kata Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) D. Hari Pratama dalam keterangan, Kamis (10/2/2022)


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sebentar Lagi Tol Japek 'Terbelah Dua', Siap Dipakai Mudik


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading