Ini Dia Bocoran Kapan THR TNI-Polri Cair, Simak!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 April 2022 11:45
TNI-Polri Patroli cegah reuni 212. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Rasa kebahagiaan menyambut hari raya pun semakin bertambah, setelah kepastian para pekerja mendapatkan tunjangan hari raya (THR).

THR pada tahun ini terasa spesial. Pasalnya, THR untuk PNS tidak dipotong karena alasan Covid-19, pun demikian THR para pekerja swasta yang dipastikan juga tak lagi dibayar secara cicilan.


Adapun penyaluran THR dijadwalkan sebelum Idul Fitri. THR biasanya diberikan dua minggu sebelum lebaran, yang artinya akan cair sekitar pertengahan April atau pada pekan ketiga April 2022.

Ketentuan di atas berlaku bagi PNS, maupun aparat TNI Polri. Sementara THR untuk para pekerja swasta, ketentuan pencairannya pun berbeda-beda tergantung kebijakan di masing-masing perusahaan.

Kementerian Ketenagakerjaan sendiri telah menginstruksikan agar THR keagamaan dibayarkan penuh kepada para karyawan, di mana paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Ketenagakerjaan, berikut para pekerja yang berhak mendapatkan THR:

1. Pekerja berdasarkan PKWT atau PKWTT yang memiliki masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih

2. Pekerja berdasarkan PKWTT yang di-PHK oleh pengusaha, terhitung sejak H-30 hari sebelum hari raya keagamaan

3. Pekerja yang dipindahkan ke perusahaan lain dengan masa kerja berlanjut, apabila perusahaan lama belum mendapatkan THR

Sementara itu, bagi para pekerja yang berdasarkan perjanjian kerja harian lepas, THR akan diberikan dengan penghitungan sebagai berikut:


1. Upah satu bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan, bagi yang memiliki masa kerja 12 bulan atau lebih

2. Bagi yang memiliki masa kerja kurang dari 12 bulan, upah dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ekonomi Pulih, Adakah Harapan Gaji PNS Naik Tahun Depan?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading