5 Senjata Mematikan Rusia Ini Bisa Akhiri Perang di Ukraina

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
10 April 2022 20:15
A service member of pro-Russian troops in uniform without insignia is seen at the weapons depot during Ukraine-Russia conflict near Marinka, in the Donetsk Region, Ukraine March 22, 2022. REUTERS/Alexander Ermochenko

Jakarta, CNBC Indonesia - Serangan Rusia ke Ukraina yang dimulai sejak akhir Februari lalu belum juga berakhir. Bahkan, perang antara dua negara diprediksi akan kian meningkat setelah Ukraina mendapatkan bantuan perlengkapan dan senjata militer dari Inggris, serta pendanaan dari berbagai pihak.

Kabarnya, pasukan Ukraina juga telah mendapatkan kembali kendali dan mengibarkan bendera di kota Makariv, sebelah barat Kyiv. Pun begitu, Rusia di bawah pimpinan Presiden Putin bukan tipe yang mudah menyerah.

Melansir dari Express.co.uk, Rusia dikabarkan memiliki 5 senjata penghancur dan mematikan yang dapat digunakan untuk mengakhiri secara instan konflik tersebut. Berikut adalah 5 senjata mematikan Rusia:


1. Torpedo Nuklir Poseidon

Superweapon nuklir ini disebut dapat menghancurkan kota-kota dalam hitungan menit. Senjata ini dapat digunakan Rusia untuk menghancurkan pangkalan angkatan laut dan berpotensi menenggelamkan Ukraina seketika di bawah tsunami setinggi 330 kaki. Senjata ini berbentuk drone tanpa awak yang mampu meluncurkan muatan nuklir.

2. Rudal Triumf S-400

Senjata yang telah diciptakan sejak 2007 oleh Rusia ini memiliki sistem rudal permukaan-ke-udara (SAM). Tidak tanggung-tanggung, senjata ini dapat pesawat, UAV, dan rudal jelajah hingga jarak 250 mil. Rusia telah mengirimkan sistem pertahanan ini ke beberapa negara sahabatnya seperti Turki, China, India dan Suriah. Hal ini jelas makin mengancam Ukraina karena Rusia dapat sewaktu-waktu meminta bantuan dengan para negara sahabat.

3. Pantsir S-1

Pantsir S-1 dapat menembakkan 12 rudal ke udara dan dua meriam 30mm. Senjata ini dapat digunakan untuk memberikan pertahanan udara di titik instalasi militer, industri, dan berfungsi sebagai administrasi terhadap pesawat, helikopter, amunisi presisi, rudal jelajah dan UAV. Pantsir sebelumnya telah digunakan di Ukraina selama konflik di wilayah Donbas dan juga dalam perang saudara Suriah dan Libya.

4. Helikopter Serang Superhunter Mil Mi-28NM

Helikopter ini dipersenjatai dengan meriam 30mm, rudal anti-tank Ataka, dan roket. Pasukan Rusia telah mengerahkan helikopter serang ini dalam invasi ke Ukraina. Namun Ukraina dilaporkan berhasil menembak jatuh salah satu helikopter tersebut menggunakan sistem Starstreak buatan Inggris.

5. Rudal Balistik RS-24 Yars

RS-24 Yars adalah rudal balistik antarbenua yang dapat diluncurkan di manapun karena penempatannya hipersonik Avangard yang akan membuatnya sangat cepat dan mudah dimobilisasi, dan dapat ditembakkan lewat silo nuklir. Rudal-rudal ini dapat diluncurkan dengan sangat cepat, hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk mempersiapkan peluncurannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pilu! Rakyat Ukraina Tak Bisa Tidur karena Hujan Bom & Rudal


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading