Jokowi Bakal Bagi-bagi Uang ke UMKM, Segini Besarannya!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
07 April 2022 10:35
INFOGRAFIS, Daftar Bansos yang Cair di Bulan Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mengkaji bantuan khusus untuk usaha mikro di tengah lonjakan harga pangan, minyak goreng dan energi.

Berdasarkan arahan Jokowi yang disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, bantuan ini akan dinamakan bantuan presiden alias banpres.


Pengusaha yang akan menerima bantuan diperkirakan sebanyak 12 juta. Besarannya adalah Rp 600 ribu per penerima.

Sebelumnya pemerintah telah memastikan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 300 ribu untuk tiga bulan sekaligus.

"Jadi, Pemerintah memberikan subsidi langsung yang kemarin kepada 18,8 juta penerima Kartu Sembako, dan untuk 1,85 juta PKH non-BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai), yang diberikan untuk bantuan subsidi selisih harga minyak goreng yang besarnya Rp300.000,00 untuk 3 bulan atau Rp100.000,00/bulan/kpm. Diharapkan dalam bulan Ramadan ini sudah bisa disalurkan," ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya.

Pihak lain yang turut menerima bantuan ini adalah 2,5 Juta PKL dan Pemilik Warung (PKLW). Airlangga berharap dengan bantuan tersebut, beban masyarakat akan tingginya minyak goreng bisa berkurang.

Selanjutnya adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta. Nilainya adalah sebesar Rp 1 juta.

"Ada program yang diarahkan Bapak Presiden untuk Pekerja, yaitu Bantuan Subsidi Upah untuk para Pekerja dengan Gaji di bawah Rp3,5 Juta, untuk sebanyak 8,8 Juta Pekerja, yang direncanakan sebesar Rp 1 Juta dan akan diberikan dalam dua kali penyaluran," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta Bakal Dapat BLT, Cair Kapan?


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading