Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta Bakal Dapat BLT, Cair Kapan?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
05 April 2022 10:43
Cover topik/ Bansos yang mengucur saat PPKM_Cover

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah mempersiapkan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, penyaluran BSU disalurkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan akan diumumkan dalam waktu dekat.


"Berdasarkan arahan Bapak Presiden, Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta, dan ini dalam waktu dekat akan diumumkan," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (5/4/2022).

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengungkapkan, sampai saat ini alokasi yang disiapkan untuk penyaluran BSU untuk 8,8 juta tenaga kerja dengan penghasilan di bawah Rp 3,5 juta masih diperhitungkan.

"Bantuan Subsidi Upah untuk 8,8 Juta Pekerja dengan Gaji di bawah Rp 3,5 Juta, masih dihitung untuk diperhitungkan alokasinya di Anggaran Program PEN," jelas Susiwijono kepada CNBC Indonesia, Selasa (5/4/2022).

Susiwijono secara terang mengungkapkan, penyaluran BSU akan dilakukan secepatnya, sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022.

"Iya (akan disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022). Akan secepatnya disalurkan," ujarnya lagi.

Adapun pemerintah mengumumkan, program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) tahun anggaran 2022 dialokasikan sebesar Rp 455,62 triliun.

Hingga 1 April 2022, anggaran PC-PEN baru terealisasi Rp 29,3 triliun atau 6,4% dari pagu anggaran Rp 455,62 triliun. Kinerja PC-PEN tahun ini didorong oleh klaster Perlindungan Masyarakat, Penanganan Bidang Kesehatan terutama untuk Percepatan Vaksinasi serta Penguatan Pemulihan Ekonomi di daerah masing-masing.

Dalam klaster kesehatan, sudah terealisasi sebesar Rp1,55 triliun atau 1,3% dari pagu, terutama untuk Insentif Perpajakan atas Vaksin dan Alat Kesehatan, dan Penanganan Covid-19 melalui Dana Desa.

Selanjutnya, realisasi anggaran perlindungan masyarakat sebesar Rp 22,74 triliun atau baru mencapai 14,7% dari pagu anggaran, khususnya untuk Program PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, BLT Desa, dan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Mau Sebar BLT, Cukup Buat Bantu Rakyat Miskin?


(cap/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading