Program Mudik Gratis Ada Lagi di 2022, Ini Bocorannya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 April 2022 17:25
Petugas merapihkan kendaraan motor yang akan dibawa keluar kota di  Stasiun Barang Kampung Bandan, Jakarta Kamis (7/6). Kemenhub juga menggelar program pengiriman sepeda motor secara gratis untuk menurunkan angka kecelakaan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Persyaratan agar motor dapat dikirim secara gratis, pemudik harus menyiapkan data diri dan membawa KTP SIM, KK dan, STNK. Portrait pemudik, Diki 27 tahun sudah menggunakan jasa angkutan gratis dari Kemenhub. Menurut dia program ini sangat memudahkan warga untuk mudik. Ribuan motor tersebut akan dikirim besok pada 8 Juni 2018. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan akan menggelar mudik gratis pada tahun ini setelah dua tahun absen. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan program ini digelar untuk mengurangi jumlah pemudik motor.

"Saat ini kami sedang melakukan persiapan (program mudik gratis), yang pada akhirnya kita akan fokus pada pemudik yang akan menggunakan motor agar tidak menggunakan roda dua untuk mudik karena ini berbahaya," kata Adita saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senin (4/4/2022).

Namun berapa kapasitas yang disiapkan oleh Kemenhub saat ini masih belum dipastikan, yang jelas Adita mengimbau pemudik untuk tidak lagi menggunakan sepeda motor.


"Kita tidak ada larangan menggunakan sepeda motor, tapi kita imbau untuk jangan menggunakan kendaraan roda dua untuk jarak jauh membahayakan sekali apalagi jumlah orang yang melakukan perjalanan tinggi," kata Adita.

Mengutip Laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Perhubungan, sudah membuka tender layanan 'Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022' dengan lelang tidak mengikat.

Dimana tanggal pembuatan tender itu dilakukan pada 23 Maret 2022, dengan pagu anggaran dari APBN senilai Rp 10 miliar yang sudah diikuti 8 peserta tender.

Jika dilihat anggaran untuk mudik gratis pada tahun ini terlihat sangat jauh di bawah tahun 2019 sebesar Rp 34 miliar. Dimana pada tahun 2019 Kemenhub menyediakan kuota mudik gratis mencapai 54 ribu orang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Potensi 'Ledakan' Mudik, Kursi Pesawat Terancam Kurang?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading