Saham Emiten Karoseri Milik Bambang Susilo Melompat 16%

News - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
04 April 2022 11:32
Perusahaan yang bergerak di bisnis manufaktur kendaraan, PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK) hari ini mencatatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan harga saham PT Nusatama Berkah Tbk (NTBK) menjadi perhatian investor karena harga naik tinggi pada perdagangan hari ini. Emiten yang memproduksi alat siap pasang dari baja ini baru saja tercatat di Bursa Efek Indonesi awal 2022.

Nusatama Berkah perusahaan yang didirikan oleh Bambang Susilo dan Ismu Prasetyo, duo alumni Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), pada tanggal 26 Juni 2009 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2009. Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Nusatama Berkah Tbk (08-Feb-2022), yaitu: PT Reborn Capital (51,85%) dan Andri Budhi Setiawan (10,37%).

Pihak yang menjadi pengendali dan ultimate beneficial owner (pemilik manfaat akhir) dari Perseroan adalah Ir. Bambang Susilo. Pasalnya Bambang tercatat sebagai pemegang 50% saham Reborn Capital.


Pada perdagangan sesi I hari ini, saham berkode NTBK naik 13,11% ke level harga Rp 69/unit. Volume perdagangan saham mencapai 241,08 juta senilai Rp 16,18 miliar.

Ruang lingkup kegiatan NTBK adalah bergerak dalam bidang industri berat siap pasang dari baja untuk bangunan, industri dari logam bukan aluminium siap pasang untuk bangunan, perdagangan besar mobil baru, perdagangan eceran mobil baru, perdagangan suku cadang, industri tangki dan industri mesin penambangan, penggalian dan kontruksi.

Saat ini, kegiatan usaha utama NTBK adalah bergerak di bidang industri karoseri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan industri Trailer dan Semi Trailer.

Produk-produk karoseri yang dihasilkan Perseroan, antara lain: Semi-Trailer Side Dump Truck (SDT) Up to 120m3, Logging Pole Trailer (LPT) Capacity 60 Ton, Semi-Trailer Flat Deck High Bed, Semi-Trailer Low Bed & Self-Loader, Water Truck Mining Spec, Truck Mounted Crane & 5-Way Flat Deck, Rear Tipper Big 8×4 Dump Truck up to 45m3, Rear Tipper Dump Truck Telescopic & Tensuki, Powder Coated 8m3 Transit Mixer, Semi-Trailer Arm Roll Box for Hazardous Material, Fuel Truck Mining Spec, Semi-Trailer Double & Triple SDT, Road Sweeper Truck, Multi-Axle Argonauts & Special Trailers, Field Lubricant Service Truck, Field Service & Maintenance Truck, B-Triple Trailer, Superlink Triple Container for Caustic Soda (NaOH), Vacuum Truck for Domestic & Export Market dan Mobile PSA Medical Oxygen Generator Truck for COVID-19

Pada tanggal 31 Januari 2022, NTBK memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham NTBK (IPO) kepada masyarakat sebanyak 700.000.000 saham baru dengan nilai nominal Rp10,- per saham dengan harga penawaran Rp100,- per saham disertai dengan Waran Seri I sebanyak 700.000.000 dengan harga pelaksanaan Rp120,- per saham. Saham dan waran tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 09 Februari 2022.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading