Cek! Ini Deretan Mobil Baru Mejeng di IIMS 2022

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 April 2022 16:45
Mobil Listrik Toyota Innova EV yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).

Jakarta, CNBC Indonesia - Agen tunggal pemegang merk (ATPM) saling berlomba dalam merilis mobil baru pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil yang rilis bukan hanya berasal dari mesin berbahan bakar bensin, melainkan juga mobil elektrifikasi.

Berikut beberapa mobil yang sudah rilis di IIMS 2022.

Toyota Kijang Innova Battery Electric Vehicle (BEV)


Toyota membuat kejutan dengan mengenalkan Toyota Kijang Innova BEV pada IIMS 2022 di hari ini, Kamis (31/3/22). Peluncuran ini terbilang mengagetkan karena Toyota tidak memberikan kisi-kisi mobil ini bakal diperkenalkan dalam waktu dekat.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa dipilihnya Kijang sebagai mobil EV karena sangat identik dengan kehadiran Toyota di Indonesia. Namun, mobil ini baru dalam bentuk konsep, Anton pun belum bisa memastikan kapan bakal merilisnya secara massal.

"Nanti kita kabari lagi, yang pasti kita terus mempelajari pasarnya bagaimana dan lain-lain," katanya kepadaCNBC Indonesiadi booth Toyota Kamis (31/3/22).

Setelah diperkenalkan pada IIMS Hybrid 2022, Mobil ini juga sudah langsung ditunggangi oleh Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto pada hari ini. Ia langsung mengendaraidi lapangan parkir JIExpo.

Suzuki XL7 Alpha FF

Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) resmi meluncurkan varian tertinggi dari XL7, yaitu XL7 Alpha FF. FF atau Finest Form adalah representasi dari line up XL7. Peluncuran mobil baru Suzuki ini sekaligus menantang mobil di segmen yang kurang lebih sama, yakni Toyota Avanza hingga Mitsubishi Xpander. Namun, Suzuki hanya memproduksinya terbatas

"Kami hanya memproduksi 300 unit untuk tipe tertinggi XL7 ini. Kenapa? Karena demi menjaga eksklusivitas," kata 4 W Marketing Director. PT Suzuki Indomobil Sales dalam peluncurannya di JIEXpo, dalam acara IIMS2022, Kamis (31/3/22).

Harga mobil ini khusus untuk wilayah Jakarta, XL7 Alpha FF dijual dengan harga OTR (On The Road) Rp305.200.000 untuk transmisi otomatis dan Rp294.200.000 untuk transmisi manual. Harga tersebut berlaku mulai 1 April 2022 dengan perhitungan PPN terbaru sebesar 11% dan PPnBM terbaru.

"Kami bangga dapat meluncurkan XL7 Alpha FF di IIMS 2022 karena ini adalah produk pertama kami yang diluncurkan tahun ini. XL7 Alpha FF juga merupakan produk yang istimewa karena menjadi penyempurna dari varian XL7 sebelumnya, sehingga tampilannya lebih stylish, tangguh, dan memberikan pengalaman berkendara yang extra nyaman," ucap Ryohei Matsushita, Sales & Marketing Director PT SIS.

XL7 Alpha FF adalah produk Suzuki pertama yang diluncurkan di tahun 2022 dan merupakan pengembangan atau Finest Form dari XL7. Pengembangan khas juga dilakukan pada bagian eksterior XL7 Alpha FF. Dengan desain yang yang sudah berkarakter, bodi XL7 Alpha FF dibalut dalam warna Bold Two-Tone Color (Hitam & Putih).

Selain itu, kehadiran Black & Red Accent Body Color di beberapa bagian bodi menjadikan XL7 Alpha FF semakin terlihat tangguh dan mewah sehingga memberikan kepercayaan diri kepada pengendara.

Hyundai Ioniq 5

PT Hyundai Motors Indonesia akhirnya merilisIONIQ 5, mobil listrik mid-size terbaru dari Hyundai, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Meski demikian, Hyundai belum mengumumkan harga IONIQ5 secara resmi.

IONIQ 5 menandai sejarah mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. IONIQ 5 menawarkan desain futuristik dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), platform khusus dirancang Hyundai Motor Group untuk model kendaraan BEV.

EV ini membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW.

Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe IONIQ 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

Mobil Chery di IIMS 2022. (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)Foto: Mobil Chery di IIMS 2022. (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)
Mobil Chery di IIMS 2022. (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)

Chery

Mobil asal China Chery mengumumkan resmi kembali ke Indonesia, setelah sempat menghilang 10 tahun. Kemunculan kembali ini ditandai kehadiran Chery di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2022.

Chery menampilkan dua model dari seri Tiggo, yaitu TIGGO 8 PRO dan TIGGO 7 PRO, kemudian SKYTOUR yang dikategorikan dalam Family SUV, OMODA 5 dari kategori Crossover SUV, dan kendaraan energi terbarukan, EQ1.

Nggak tanggung-tanggung, Chery ambisius dengan kembalinya masuk Indonesia. Dan, memiliki rencana jangka panjang menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

"Untuk masalah investasi nominalnya belum dibicarakan. Terkait lahan atau tempat basis produksi kami lagi cari dan berkomunikasi dengan pemerintah dimana lokasi yang bagus, perlu persiapan panjang. Jadi saat ini lagi dibicarakan," ujar Tao.

Indonesia bukan hanya akan menjadi basis produksi, namun juga pusat riset dan pengembangan produk Chery. Hanya saja, pihaknya masih enggan menyebut nilai investasi yang akan dikeluarkan.

"Dengan comeback-nya, Chery kami tentu sudah melakukan persiapan matang, kami sudah lakukan persiapan jangka panjang. Kenapa comeback? Karena Indonesia adalah salah satu pasar terpenting di Asean dan juga pasar besar di kendaraan setir kanan," kata President Director PT Chery Motor Indonesia Tao Yong dalam sesi diskusi media, Kamis (31/3/22) di JIEXpo.

Meski memiliki rencana panjang, Chery saat ini tengah berfokus pada penyelenggaraan IIMS Hybrid 2022 ini.

"Saat ini kami tidak menjual produk baru, lebih kepada mengenalkannya. Akhir semester 1 atau akhir Juni baru akan launching produk," sebut Tao.

DFSK Seres 5

DFSK kembali hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 dengan membawa Seres 5. Mobil ini menggunakan teknologi all wheel drive serta dilengkapi dengan 2 motor listrik performa tinggi berupa SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 engan power 150 kW di Belakang.

Catatan resmi pihak Research and Development (R&D) menunjukan akselerasi 0 - 100 kilometer per jam Seres SF5 hanya membutuhkan 4,7 detik, atau setara dengan sports car umumnya.

Kedua motor listrik performa tinggi yang ditawarkan ini didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa memanfaatkan charging station dengan kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20% - 80% kurang dari 1 jam. Apabila tidak tidak menemukan charging station di sekitar selama perjalanan, pengemudi juga tidak perlu khawatir karena Seres SF5 dilengkapi dengan fitur unggulan Intelligent Extended Range Technology.

"Semua aspek pengembangan didasari oleh kebutuhan konsumen di masa modern ini yang membutuhkan keterhubungan semua aspek sehingga aktivitas sehari-hari terus bisa bisa berjalan dengan baik," ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

Seres SF5 dilengkapi dengan mesin motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai di saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20%. Berkat teknologi ini, Seres SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

MG 5 GT

Morris Garage memang sudah mengenalkan MG 5 GT sejak tahun lalu. Namun, MG baru mengumumkan harga unitnya pada ajang IIMS Hybrid 2022. Mobil bergaya Coupe 4 pintu ini akhirnya dijual mulai Rp339,9 juta.

Lead Marketing and PR MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin mengatakan sejak diperkenalkan akhir tahun 2021, MG 5 GT telah menarik perhatian begitu banyak pecinta otomotif Indonesia. Terlebih MG 5 GT mengadopsi gaya desain baru yang dinamakan 3rd Generation MG Family Design Language yang begitu menonjol dari sisi eksterior dan interiornya.

"MG 5 GT resmi dihadirkan dalam 3 varian, dengan harga mulai Rp 339,9 juta untuk varian Activate, Rp 359,9 untuk varian Ignite, dan Rp 399,9 untuk Magnify sebagai varian tertinggi dengan fitur terlengkap," ucap Arief di arena IIMS Hybrid 2022, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Soal dimensi, mobil brand asal Inggris ini memiliki panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm dan tinggi 1.473 mm sedangkan untuk versi tertinggi yakni MG 5 GT Magnify mencapai 1.480. Soal jarak sumbu roda MG 5 GT mencapai 2.680 mm.

MG 5 GT menggendong mesin berkapasitas 1.498 cc DOHC 4 silinder 16 valve VTi-Tech, yang dikawinkan dengan multi-point fuel injection. MG 5 GT ini diklaim mampu menyemburkan tenaga 114 PS di rpm 6.000 dan torsi mencapai 150 Nm di 4.500 rpm.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Intip Deretan Mobil Baru yang Mejeng di IIMS 2022


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading