iPhone & iPad Pakai Skema Layanan Bulanan, Apa Maksudnya?

News - Intan Rakmayanti, CNBC Indonesia
25 March 2022 20:24
CEO Apple Tim Cook memamerkan iPhone SE baru yang menampilkan 5G dan chip A15 Bionic selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California, AS, Selasa (8/3/2022). (Brooks Kraft/Apple Inc./Handout via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple dikabarkan akan meluncurkan program layanan berlangganan hardware untuk iPhone dan iPad.

Menurut laporan Bloomberg, layanan tersebut akan hadir mulai tahun depan. Nantinya konsumen bisa mendapatkan iPhone dan iPad idamannya dengan membayar biaya berlangganan bulanan.

Langkah ini akan sesuai dengan program Apple sebelumnya, dimana menawarkan berbagai layanan berlangganan seperti Apple Music, Apple TV Plus dan lainnya dalam satu bundle bernama Apple One.


Mengutip laman The Verge, Jumat (25/3/2022), harga berlangganan bulanan tidak sekedar harga iPhone dibagi 12 atau 24 bulan. Untuk biaya berlangganannya masih belum diketahui, tapi akan ada opsi untuk upgrade ke iPhone terbaru setelah rilis

Dan seperti langganan Apple lainnya, pembayaran akan ditautkan ke akun ID Apple pengguna, dengan kemungkinan bundling di layanan AppleCare atau Apple One juga.

Apple sebenarnya sudah memiliki program serupa untuk menjual iPhone yaitu iPhone Upgrade Program.

Program tersebut memungkinkan pengguna untuk membayar per bulan untuk mendapatkan iPhone terbaru dan perlindungan Apple Care+ setiap tahunnya.

Sulit membayangkan bagaimana Apple akan menyewakan perangkatnya. Kemungkinan perusahaan asal Cupertino, AS, itu hanya ingin memotong perantara dan memperluas penawaran pembayaran berbasis cicilan ke produk lain.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Minyak Goreng Bakal Disubsidi, Hingga Valuasi Apple USD 3 T


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading