Catat! Ini Deretan Mobil Baru Meluncur di IIMS 2022

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
25 March 2022 15:20
Suzuki 'The Extra Fine. (Tangkapan Layar Instagram)

Jakarta, CNBC Indonesia - Besarnya pasar otomotif di Indonesia membuat banyak agen tunggal pemegang merk (ATPM) berlomba dalam menawarkan produk mobilnya kepada masyarakat. Terbaru, ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) bakal menjadi ajang unjuk gigi para ATPM dalam merilis mobilnya.

Beberapa diantaranya bahkan sudah tidak malu-malu dalam memberi kode, yakni dalam bentuk teaser siluet hingga penjelasan resmi jadwal peluncuran mobil barunya.

Berikut beberapa mobil yang berpotensi bakal rilis di IIMS 2022:


Mazda CX-5

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) bakal meluncurkan mobil baru, yakni Mazda CX-5. Pihak ATPM bahkan sudah memberi kode dengan teaser bocoran di booth saat ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022. Saat itu terlihat mobil dengan selimut berwarna merah serta tulisan New Mazda CX-5.

"CX-5 rilis 1 April 2022 nanti, makanya belum ada produknya disini," kata wiraniaga Mazda di gelaran Jakarta Auto Week 2022, Selasa (16/3/22).

Meski belum ada keterangan pasti apakah rilis di ajang IIMS 2022, namun besar kemungkinan iya. Pasalnya, IIMS 2022 digelar pada 31 Maret hingga 10 April mendatang

Selain itu, di media sosial resmi Mazda Indonesia, sudah terpampang siluet yang menggambarkan kehadiran mobil ini. Terlihat desain lampu DRL LED baru yang berbentuk huruf "L" membulat di depan, hal ini berbeda dibanding model sebelumnya yang memanjang. Desain yang sama juga ada pada lampu belakang mobil ini.

Berkaca pada perubahan sebelumnya, Mazda juga sudah menyegarkan SUV andalannya ini pada Maret tahun lalu. Perubahannya tidak total, berubah di interior dan sedikit sentuhan baru di mesin dan eksterior.

Mazda CX-5 yang ada saat ini menggendong mesin bensin SKYACTIV-G empat silinder 2.500 cc. Tenaga dari mesin itu naik 4 PS menjadi 194 PS dan torsinya naik 6 Nm menjadi 258 Nm.

The Mazda logo  is pictured on the company's stand during the 88th Geneva International Motor Show in Geneva, Switzerland, March 7, 2018. REUTERS/Denis BalibouseFoto: REUTERS/Denis Balibouse
The Mazda logo is pictured on the company's stand during the 88th Geneva International Motor Show in Geneva, Switzerland, March 7, 2018. REUTERS/Denis Balibouse

Suzuki XL-7

Sama seperti Mazda yang mengincar segmen SUV melalui Mazda CX-5, Suzuki juga bakal serius dengan merilis XL7. Mereka sudah memberi bocoran bakal merilis mobil anyar dalam waktu dekat.

Dari unggahan di akun instagram suzuki_id, terlihat mobil dalam kondisi gelap. Jika diperhatikan seksama, maka nampak mobil ini membentuk siluet Suzuki XL7, Low MPV yang menjadi saingan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

"Bersiaplah menyambut "The Extra Fine"! Sudah siap menyambut mobil satu ini, Suzuki Family? " tulis Suzuki dilansir dari instagramnya, Jumat (25/3/22).

Pabrikan asal Jepang ini memang tidak merinci kapan bakal merilis mobil terbarunya. Namun, besar kemungkinan bahwa Suzuki bakal merilisnya pada ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang bakal berlangsung pekan ke depan, yakni mulai 31 Maret 2021.

Cara ini sudah Suzuki lakukan kala merilis Ertiga Sport FF pada ajang GIIAS November 2021 lalu. Mirip dengan saat ini, Suzuki juga merilis teaser dengan dominasi aksen merah. Pada teaser saat ini, terlihat aksen merah di bemper, side skirt dan spion.

Hasil dari peluncuran Ertiga Sport FF lalu juga terbilang sukses. 125 unit mobil yang disediakan dalam edisi terbatas semuanya ludes terjual dengan cepat. Tidak menutup kemungkinan bahwa Suzuki juga bakal menyediakan XL7 nanti dengan persediaan terbatas.

Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 merupakan proyek jangka panjang Hyundai pada pasar mobil listrik. Mobil ini bakal diproduksi pada Maret 2022 di Indonesia sekaligus menjadi mobil listrik pertama yang bakal diproduksi di Indonesia. Menurut rencana, Ioniq 5 juga kemungkinan bakal rilis di ajang IIMS 2022.

"Kami akan memproduksi EV yang pertama di Indonesia pada bulan Maret tahun ini, namanya Ioniq 5," kata COO Hyundai Motor Asia Pasific, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia, Kamis (6/1/22).

Mobil tersebut bakal mulai diproduksi sejak Maret 2022 ini. Lee yakin mobil listrik ini bakal mendapat sambutan positif karena memiliki beberapa keunggulan, seperti interior lengkap hingga space dalam ruangan yang luas. Namun mengenai harga terbilang cukup tinggi.

"Karena itu kami memutuskan harga sulit karena kira-kira 35% dari mobil listrik harga baterai tapi harga nikel naik, baterai tidak cenderung turun, jadi sebenarnya sedikit sulit menentukan harga, tapi kira-kira dari Rp700 juta sampai Rp800 juta," jelas Lee.

Angka tersebut bahkan lebih besar dari mobil listrik Hyundai lain yang sudah terjual di Indonesia saat ini. Namun, ia yakin mobil baru ini memiliki beberapa keunggulan, sehingga tetap dipilih banyak masyarakat.

"Hyundai menjual dua mobil impor dari Korea Ioniq dan Kona 2, jadi harga Rp600 jutaan. (Tapi) Ioniq 5 ini benar2 mobil yang bagus sekali dan canggih, karena itu mungkin harganya sedikit lebih tinggi yakni antara Rp 700 juta sampai Rp800 juta," sebutnya.

Toyota Kijang Hybrid

Sama seperti Hyundai Ioniq 5, Toyota juga belum memberi sinyal bakal merilis Kijang Hybrid pada ajang IIMS 2022. Namun, sinyal kehadiran Toyota Kijang Hybrid datang langsung dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Ia menyatakan pabrikan mobil asal Jepang itu sudah sepakat untuk merealisasikan investasinya kepada mobil elektrifikasi.

"Toyota berkomitmen memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrifikasi yang diawali produksi Kijang Hybrid. Kami akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik murni," kata Menperin Agus Gumiwang dalam Peresmian Pencapaian Produksi Ekspor 2 Juta Unit Toyota awal Februari ini

Toyota Kijang Innova seperti mulai menampakkan kode bakal kembali lahir dalam versi baru. Kini, foto mengenai dugaan mobil anyar Innova baru mulai beredar di media sosial.

Dari akun Facebook Natthapon Matsarat, terlihat foto yang sedang diuji di jalanan diduga berada di Thailand. Sepintas ukuran bodinya lebih besar dari Innova versi reborn yang ada saat ini.

Meski demikian, konstruksi desainnya terlihat mirip seperti Innova Reborn. Desain lampu belakangnya memadukan bentuk horizontal dan vertikal.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Asyik! Sekarang Beli Mobil Bisa Lewat Rumah Aja, Ini Caranya!


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading