Deretan Menteri yang Disemprot Jokowi, Kena Reshuffle?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 March 2022 13:39
Pengarahan Presiden RI Jokowi Tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, 25 Maret 2022 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluapkan amarahnya di depan jajaran menteri, dan sejumlah kepala daerah. Bahkan, Jokowi sampai menyinggung soal isu kocak ulang kabinet (reshuffle).

Luapan amarah Jokowi terungkap saat memberikan pengarahan dalam acara Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, yang disiarkan secara live melalui Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (25/3/2022).


Jokowi mengaku tak habis pikir dengan anak buahnya dan sejumlah instansi pemerintahan. Jokowi heran, karena masih banyak kementerian, lembaga, pemerintah daerah yang masih 'doyan' belanja impor.

Beberapa penyelenggara yang disebut masih doyan impor antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, hingga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Sedih saya, belinya barang-barang impor semua," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyinggung isu kocok ulang kabinet. Mulanya Jokowi meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengganti para direksi perusahaan pelat merah yang tak patuh pada hal yang disepakati pemerintah.

Jika urusan pergantian direksi BUMN merupakan kewenangan Menteri BUMN, maka lain cerita untuk pimpinan di setiap kementerian. "Itu bagian sya. Reshuffle. Sudah... Akan saya awasi betul," tegas Jokowi.

Lantas, siapa saja menteri yang terkena amarah Jokowi terkait impor? Simak di halaman selanjutnya... 

Halaman Selanjutnya >>> Budi Gunadi Sadikin Hingga Nadiem Makarim

Budi Gunadi Sadikin Hingga Nadiem Makarim
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading