Jokowi Ultimatum Mentan Gegara Alat dan Mesin Pertanian Impor

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 March 2022 10:03
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Saat Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 UNS. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretriat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ultimatum kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo perihal penggunaan produk alat dan mesin pertanian yang diimpor dari negara lain. Hal itu disampaikan Jokowi saat pengarahan kepada menteri, kepala lembaga, kepala daerah, dan badan usaha milik negara (BUMN) tentang aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali, Jumat (25/3/2022).

"Alsintan, traktor-traktor kaya gitu bukan high tech aja impor. Jengkel saya!," ujarnya.

Jokowi bercerita pengalaman saat berkunjung ke Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), kemarin. Saat itu, Jokowi bersama mentan dan masyarakat melakukan penanaman jagung.

"Saya kemarin dari Atambua, saya lihat traktor, alsintan, saya lihat. Gak boleh pak menteri, gak boleh," kata kepala negara.

Jokowi juga menyoroti produk-produk yang sudah dapat diproduksi di tanah air tapi masih diimpor seperti pensil hingga kertas.

"Kadang-kadang saya mikir, ini kita ngerti gak sih? Jangan2 kita gak kerja detail sehingga gak ngerti barang yang dibeli itu barang impor. Buku tulis impor. Jangan ini diteruskan, setop. Kita melompat semua kalau beli semua produk dalam negeri, meloncat pertumbuhan ekonomi kita," ujarnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kala Jokowi Bertemu dengan Jejeran 'Bocah Kalkulator'


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading