Lagi Heboh Seragam Kuning Kosmonot Rusia, Pro Ukraina?

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
20 March 2022 21:00
Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-19 yang membawa kru, yang terdiri dari kosmonot Rusia Anton Shkaplerov, sutradara film Klim Shipenko dan aktris Yulia Peresild, meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dari landasan peluncuran di Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan 5 Oktober 2021. via REUTERS/ROSCOSMOS

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia menampik laporan sejumlah media yang menyebut bahwa kosmonot negara itu mendukung Ukraina karena telah mengenakan seragam berwarna kuning di luar angkasa.

Bantahan ini disampaikan Badan Antariksa Rusia. Direktur Jenderal Roscosmos Dmitry Rogozin berkata, Kosmonot Rusia tidak akan bersimpati pada nasionalis Ukraina. Dia menyebut seragam kuning dikenakan Kosmonot Rusia karena mewakili warna Bauman Moscow State Technical University, kampus ketiga Kosmonot.

"Terkadang, warna kuning hanyalah warna kuning," katanya dalam kanal Telegram resminya, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (20/3/2022).


Pada Jumat (18/3) waktu setempat, ISS sempat menggelar konferensi pers yang menunjukkan tiga Kosmonot Rusia. Komandan misi dari Rusia Oleg Artemyev berkata, mereka memakai pakaian berwarna kuning karena memiliki banyak sisa kain berwarna kuning.

"Setiap kru memilih warna yang terlihat berbeda. Giliran kami untuk memilih warna," kata Oleg.

Oleg juga mengaku sudah menyiapkan seragam tersebut sejak 6 bulan lalu. Dia sempat berkata di kanal Telegram Roscosmos bahwa Kosmonot Rusia setia terhadap presiden dan masyarakat Rusia.

"Saat ini, meskipun kamiberada di luar angkasa, kami tetap bersama dengan presiden dan rakyat!" katanya.

Dugaan bahwa Kosmonot Rusia mendukung Ukraina karena memakai seragam berwarna kuning muncul karena Ukraina diketahui memiliki bendera dengan warga biru dan kuning. Saat ini, konflik antara Rusia dan Ukraina masih terjadi.

PBB melaporkan sudah ada jutaan warga Ukraina yang mengungsi dan ribuan orang tewas akibat konflik kedua negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rusia Latihan Militer Besar-Besaran, Mau Perang?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading