Internasional

Waduh! Korut Lakukan Uji Coba Peluncuran Rudal

News - Lucky Leonard Leatemia, CNBC Indonesia
16 March 2022 13:45
Korea Utara melakukan uji coba nuklir, negeri itu meluncurkan rudal hipersonik. (AP/Lee Jin-man)

Jakarta, CNBC Indonesia - Militer Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menembakkan proyektil ke udara yang diduga sebagai rudal yang tengah diujicobakan. Namun, peluncuran tersebut diklaim gagal.

Rudal tersebut diduga ditembakan dari lapangan terbang di luar ibu kota Pyongyang. Tempat tersebut beberapa kali dijadikan lokasi peluncuran, termasuk uji coba sebelumnya yang dituding Amerika Serikat (AS) sebagai uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM).

Adapun, dalam beberapa pekan terakhir, Korea Utara terpantau aktif melakukan uji coba senjatanya.


"Korea Utara menembakkan proyektil yang tidak diketahui dari daerah Sunan sekitar pukul 09.30 hari ini, tetapi diduga gagal sesaat setelah peluncuran," kata Kepala Staf Gabungan Seoul seperti dikutip BBC News, Rabu (16/3/2022).

Sejauh ini Korea Utara telah melakukan sembilan kali uji coba senjata, termasuk apa yang diklaim AS sebagai uji coba ICBM. Uji coba ICBM itu dinilai penting bagi Korea Utara sebelum melakukan peluncuran secara penuh.

Dengan jangkauan minimal 5.500 km, ICBM dapat mencapai AS. Adapun, rudal tersebut dirancang untuk membawa hulu ledak nuklir.

Sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melarang Korea Utara melakukan uji coba senjata balistik dan nuklir. Sanksi tegas pun telah dilakukan. dan telah menjatuhkan sanksi tegas.

Menyusul hal tersebut, Korea Utara telah memberlakukan moratorium pengujian rudal balistik jarak jauh dan uji coba nuklir setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden AS Donald Trump. Namun, pada tahun 2020, Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengumumkan bahwa dia tidak lagi terikat pada janji itu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Korsel Minta Nuklir AS Ada di Negaranya, Persiapan Perang?


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading