Internasional

India Siap Pecahkan Misteri Rudal Nyasar ke Pakistan

News - Lucky Leonard Leatemia, CNBC Indonesia
15 March 2022 18:50
Ilustrasi Bendera India. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah India memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi menyusul insiden penembakan rudal secara tidak sengaja ke wilayah Pakistan. Otoritas India pun menegaskan akan menangani hal ini dengan sangat serius.

Insiden rudal nyasar itu terjadi pada Rabu (9/3/2022) lalu, namun baru diketahui 2 hari kemudian. India pun menyalahkan kesalahan teknis selama pemeliharaan sebagai penyebab utama.

Namun, penyebab pastinya belum diketahui sepenuhnya. Penyebab pasti dari insiden tersebut dapat diketahui hanya melalui penyelidikan," tutur Menteri Pertahanan India Rajnath Singh seperti diikuti BBC News, Selasa (15/3/2022).


Dia mengatakan kepada Parlemen bahwa insiden tersebut sangat disesalkan dan dirinya merasa lega tidak ada korban jiwa.

Adapun, kejadian tersebut dikecam oleh pihak Pakistan yang sama-sama memiliki senjata nuklir. Militer Pakistan mengatakan objek berkecepatan tinggi jatuh di bagian timur kota Mian Channu dan lintasannya mengganggu penerbangan komersial.

Kejadian itu juga tampaknya menguatkan kritikan Pakistan terhadap India yang dianggap tidak becus bekerja di lingkungan nuklir atau menangani senjata nuklir.

Pakistan juga menuntut adanya penyelidikan bersama yang akurat untuk mengetahui apa penyebab dari kejadian tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Blak-blakan Dubes India: Investasi di RI Capai Rp 790 Triliun


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading