Internasional

Putin Punya "Harta Karun" Rp 2.867 T, Disimpan di Laut Hitam?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
14 March 2022 08:10
Presiden Rusia Putin (AP) Foto: Presiden Rusia Putin (AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah laporan menyebutkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki kekayaan yang fantastis. Bahkan, hampir menyamai figur-figur terkaya di dunia.

Hal ini disampaikan langsung oleh investor yang akrab dengan bisnis di Rusia sekaligus kritikus Putin, Bill Borwder. Ini dikatakannya di depan senat Amerika Serikat (AS), pada 2017 lalu.


Ia mengaku bahwa Putin memiliki kekayaan hingga US$ 200 miliar atau setara Rp 2.867 triliun. Bila ini terbukti, maka Putin dapat duduk di jajaran orang terkaya sejagat, seperti Jeff Bezos dan Elon Musk.

"Koleksi jam tangan Putin yang terlihat bernilai berlipat ganda dari gaji resminya... Kekayaan itu berasal dari pemerasan dan pencurian besar-besaran dari dana negara," katanya dikutip CNN International, Senin (14/3/2022).

Sayangnya sejauh ini tidak ada bukti kuat yang memvalidasi pernyataan ini. Majalah Forbes, yang menghitung kekayaan pribadi elit dunia, mengatakan mencari tahu kekayaan bersih Putin adalah "teka-teki yang paling sulit dipahami dalam perburuan kekayaan."

Mengutip laporan "Panama Papers" tahun 2016 oleh International Consortium of Investigative Journalists, Putin hampir tidak meninggalkan jejak untuk asetnya, yang diyakini sebagian besar adalah properti. Rata-rata, tersembunyi di balik skema keuangan kompleks yang diselenggarakan oleh orang kepercayaannya.

Pria berusia 69 tahun ini diklaim memiliki kemewahan seperti mega-yacht senilai US$ 100 juta. Ia juga disebut memiliki istana di Laut Hitam yang diduga dibangun untuk penggunaan pribadi Putin.

Sementara itu, ini bertentangan dengan informasi di atas kertas yang dimiliki mengenai Putin. Pada tahun 2018, Putin mengajukan deklarasi pendapatan resmi yang menunjukkan bahwa ia memiliki apartemen seluas 800 kaki persegi di St. Petersburg, bersama dengan dua mobil era Soviet dan sebuah truk off-road.

Kremlin juga mengatakan pendapatan tahunan Putin sekitar US$ 140.000 (sekitar Rp 2 miliar).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Putin Punya Harta Karun Rp2.867 T, Tersembunyi di Laut Hitam?


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading