Diam-diam Menhan Prabowo Ada di Yunani, Ada Apa Ini?

News - Intan Rakhmayanti, CNBC Indonesia
12 March 2022 11:40
Kunjungan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (Dok: Twitter @Hellenic_MOD)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertahanan Yunani, Nicolaos Panagiotopoulos bertemu dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, dalam rangka kunjungan resminya ke Yunani, Jumat (11/3).

Keduanya berpartisipasi dalam pembicaraan bilateral yang berlangsung di Ruang Konferensi "Ioannis Kapodistrias" mengenai penguatan lebih lanjut kerja sama bilateral di bidang pertahanan.


"Pak Menteri, dengan senang hati saya menyambut Anda di sini, di Kementerian Pertahanan Nasional Yunani. Yunani dan Indonesia telah mengembangkan hubungan dekat, tetapi juga persahabatan yang tulus dan panjang," kata Panagiotopoulos, dikutip dari pernyataan Kementerian Pertahanan Yunani, Sabtu (12/3/2022).

Dia membuka adanya potensi kerja sama yang tinggi antara Kementerian Pertahanan Indonesia dan Industri Pertahanan Yunani. Bahkan keduanya telah membahas cara untuk mengembangkan sinergi yang saling menguntungkan.

Ia mengatakan, Indonesia dan Yunani memiliki prinsip dan nilai yang sama yakni kepercayaan pada kebebasan, demokrasi, supremasi hukum dan penghormatan serta perlindungan hukum internasional dan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS).

Yunani dan Indonesia juga menghadapi tantangan serupa di wilayah perairan dan zona maritim mereka.

"Kedua negara kita menanggapi melalui kebijakan yang didasarkan pada rasa hormat atau hukum internasional, menolak ancaman atau penggunaan kekuatan dalam hubungan internasional dan mempromosikan penyelesaian sengketa secara damai," ungkapnya.

Kunjungan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (Dok: Twitter @Hellenic_MOD)Foto: Kunjungan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (Dok: Twitter @Hellenic_MOD)
Kunjungan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto (Dok: Twitter @Hellenic_MOD)

"Selain itu, Indonesia dan Yunani juga bekerja untuk menciptakan lingkungan yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama yang erat dengan negara-negara yang memiliki visi dan cita-cita yang sama.

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra, menyambut kunjungan Duta Besar (Dubes) Yunani untuk Republik Indonesia Apostolos Baltas ke Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Kedatangan Dubes Yunani bersama Dubes RI Untuk Athena, Yunani Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan, dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Yunani yang selama ini berlangsung dengan baik dan dinamis. Yunani adalah negara yang mendukung integritas wilayah, proses demokratisasi dan reformasi di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kemenhan RI, sejumlah agenda pembicaraan dibahas pada pertemuan itu, diantaranya kerja sama pertukaran Perwira, Taruna sampai Tingkat Sekolah Staf dan Komando (Sesko).

Hubungan Diplomatik antara Republik Indonesia dengan Yunani secara resmi dimulai sejak Tahun 1958. Kedua negara telah memiliki kesepakatan kerja sama pertahanan berupa Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani pada 3 November 2016 dan menjadi dasar membangun kerja sama pertahanan kedua negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Menhan Prabowo Punya Jabatan Baru, Ini Posisinya


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading