Ibu Kota Baru Sudah Punya Bos Otorita, Pengembang Buka Suara!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
11 March 2022 12:40
Terungkap! Bangun Ibu Kota Baru Mayoritas Bakal Pakai APBN

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo sudah menunjuk kepala dan wakil kepala otorita untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Pengembang melihat tugas otorita ini sangat berat karena harus memutuskan konsep kota yang bakal menjadi wajah Indonesia ke depan.

"Tugas kepala otorita ini harus ngebut untuk output yang disiapkan. Terutama legalitas dari proyek IKN keputusan akhir ada di kepala otorita. Baik dalam hal penyiapan lahan, sistem perizinan, hingga pembiayaan yang melibatkan pihak ketiga," kata Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Hari Ganie, kepada CNBC Indonesia, Jumat (11/3/2022).

Ganie menjelaskan tugas otorita nanti akan mengesahkan konsep yang sudah dibuat, hingga eksekusi pembangunan. Meskipun masterplan sudah dibuat dari banyak instansi tapi pengesahan akhir berada pada keputusan kepala otorita.


"Beliau bangun IKN dari 0 jadi harus me-review kembali rencana dari Bappenas, PUPR, dan ATR, baik studi kelayakan masterplan untuk IKN. Pak Bambang harus me-review kembali. Resminya itu dari pak Bambang," kata Hari.

"Jadi mereka yang mengesahkan. Jadi boleh saja ada yang buat Feasibility Study master plan dari instansi, tapi yang mengesahkan itu kepala otorita. Mungkin ada yang kurang berkenan dan diperbaiki," kata tambahnya.

Sebelumnya masterplan pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan sudah diselesaikan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Namun masih butuh penyesuaian dengan tata ruang yang ada di lapangan untuk dieksekusi.

Presiden Joko Widodo juga meminta bos baru IKN ini untuk melakukan percepatan penyelesaian kelembagaan IKN, juga aturan turunan dari Undang Undang yang disahkan bisa rampung dalam bulan ini.

"Ini juga segera diselesaikan, kita harapkan ini di bulan Maret ini kalau bisa sudah selesai," kata Jokowi usai melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, di Istana Negara, Jakarta Kamis (10/3/2022).

Dhony Rahajoe merupakan sosok yang berlatar dari kalangan pengembang. Ia berpengalaman membangun Kota Baru BSD di Tangerang Selatan melalui Sinar Mas Group.

Setidaknya ada sembilan aturan turunan UU IKN yang kini tengah dipersiapkan menjadi landasan pemerintah dalam membangun ibu kota baru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bye Jakarta! Ini Dia Penampakan Ibu Kota Baru Idaman Jokowi


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading