Internasional

Bye-bye Covid, 3 Negara Tetangga RI Umumkan Mau Endemi

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 March 2022 11:55
A woman walks past a row of T-shirts printed with Vietnamese flags in Hanoi, Vietnam on Thursday, Jul.30, 2020. For 99 days, Vietnam seemed to have defeated the coronavirus, but now a new outbreak in the city of Da Nang has grown to over 40 cases in six cities and authorities are beginning to reimpose broader restrictions. (AP Photo/Hau Dinh)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa negara Asia Tenggara mulai menetapkan status endemi pada Covid-19. Hal ini untuk menormalisasi kegiatan masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah Malaysia dan Thailand.

Pemerintah Malaysia mengumumkan rencana untuk menjadikan Covid-19 sebagai endemi, Selasa (8/3/2022). Status ini akan berlaku pada 1 April mendatang.


Dalam sebuah keterangan resmi, Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengungkapkan keputusan ini dilandasi oleh dua hal. Yakni rendahnya angka gejala parah pasca infeksi serta diikuti dengan angka vaksinasi Covid-19 yang sudah mencapai 98,7%.

"Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, melakukan penilaian risiko, memperoleh pandangan dari Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH), serta memeriksa rekomendasi dari empat menteri, hari ini saya ingin mengumumkan bahwa negara tersebut akan memasuki fase transisi ke endemik mulai 1 April 2022," ujarnya dalam sebuah pernyataan resmi yang diperoleh CNBC Indonesia.

Sementara Thailand mengatakan bahwa negaranya kemungkinan akan menetapkan status endemi pada Juli mendatang. Juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchana mengatakan situasinya sejauh ini membaik sehingga negaranya siap untuk transisi ke endemi.

"Situasinya baik, membuka jalan bagi virus untuk berpindah dari status pandemi ke status endemi pada pertengahan tahun," ujarnya sebagaimana dikutip The Thaiger, Rabu.

Vietnam pun berencana melakukan hal yang sama. Perdana Menteri Pham Minh Chinh mengarahkan pihak Kementerian Kesehatan untuk mulai memperlakukan pandemi Covid-19 sebagai endemi.

Dikutip dari Bloomberg, dalam rapat kabinet pada Kamis, Chinh memerintahkan para pejabat untuk mempelajari langkah yang sudah diambil negara-negara lain. Chinh meyakini, pada beberapa bulan mendatang, kondisi akan sulit diprediksi mengingat negara tersebut tengah mengatasi Covid-19 sekaligus memerangi dampak konflik di Ukraina.

Sementara itu, untuk Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menyusun sejumlah indikator sebelum Indonesia dapat memasuki masa endemi. Salah satunya adalah status PPKM di seluruh kabupaten/kota berada pada level 1.

Hingga saat ini, belum dipastikan kapan Indonesia akan memasuki status endemi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mirip RI, 3 'Tetangga Dekat' Umumkan Omicron Transmisi Lokal


(tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading