Krisis Kamar Hotel Jelang MotoGP Makin Parah di Lombok

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
09 March 2022 15:50
Hotel di Senggigi, Lombok (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hotel - hotel yang berada di kawasan Lombok NTB laku keras pada tanggal 18 - 20 Maret mendatang, karena ada penyelenggaraan MotoGP di Mandalika. Persoalan serius adalah saat tiket MotoGP yang mencapai 60 ribu lebih apakah hotel-hotel Lombok bisa menampung tamu sebanyak itu?

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Ni Ketut Wolini, mengatakan sudah cukup sulit untuk mencari kamar hotel yang berada di kawasan Lombok bagian barat seperti daerah Mandalika, Mataram, dan Senggigi. Apalagi untuk tamu-tamu yang berencana mau membawa rombongan besar seperti komunitas.

"Sudah cukup sulit kalau mencari hotel atau villa, kecuali homestay yang masih. Itu pun sudah ke 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air)," kata Wolini kepada CNBC Indonesia, Rabu (9/3/2022).


Namun walaupun berencana tinggal di-homestay, menurut Wolini juga sulit dilakukan untuk diisi rombongan yang besar. "Kalau grup 2 - 6 orang mungkin bisa tapi kalau lebih ramai dari itu tidak bisa," katanya.

Dari catatan PHRI sebelumnya, jumlah kamar hotel di NT sendiri mencapai 21 ribu, yang terdiri dari 18.600 an dan ditambah homestay sebanyak 2.800 kamar.

Kamar tersebut berada di hotel dari berbagai kelas, mulai dari hotel melati hingga hotel berbintang. Ada 1.970 hotel dengan 146 hotel bintang, sedangkan 1.208 itu hotel melati. Saat ini, hotel-hotel tersebut sudah ludes dipesan penonton Moto GP atau wisatawan lainnya.

"Availability kamar untuk perhelatan Moto GP tanggal 15 sampai 23 Maret kamarnya sudah terjual sudah penuh, khususnya Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah sudah penuh dan sisanya Lombok Timur masih ada yang belum terisi 200an kamar, tapi itu juga hotel bukan berbintang, namun homestay yang disiapkan pemerintah sendiri," Kata Sekjen PHRI Maulana Yusran.

Sementara untuk masuk ke daerah pariwisata lain yang menjadi penunjang seperti Bali saat ini masih sangat minim. Karena biaya perjalanan harus ditambah untuk membayar sarana transportasi menuju sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Meski saat ini sudah ada paket bundling yang disediakan travel agent mulai dari penginapan, tiket nonton, hingga transportasi menuju Mandalika. Namun harus menyiapkan kocek lebih. Seperti PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menjual paket Rp 17,2 juta termasuk tiket pesawat roundtrip Denpasar - Lombok Praya - Denpasar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sebelum Jokowi, Tommy Soeharto Gelar MotoGP Duluan di RI


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading