Bukan Sedekah, Ini Cara Netizen Bantu Ukraina, Pesan Hotel!

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
06 March 2022 16:00
Rescuers work amidst the debris of a school building destroyed by shelling, as Russia's invasion of Ukraine continues, in Zhytomyr, Ukraine March 4, 2022. REUTERS/Viacheslav Ratynskyi

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak usaha yang dilakukan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk membantu warga Ukraina yang tengah dikepung serangan Rusia. Salah satu upaya bantuan itu dengan memesan kamar Air BnB di Ukraina meskipun tidak datang ke sana.

Ini adalah bagian dari kampanye media sosial yang kreatif untuk menyalurkan uang kepada orang-orang Ukraina yang terkepung yang membutuhkan bantuan keuangan ketika pasukan Rusia membombardir negara mereka dan memutus layanan.

"Idenya telah mengambil momentum, pada 2 Maret dan 3 Maret, tamu dari seluruh dunia memesan lebih dari 61.000 malam di Ukraina," kata menurut juru bicara Airbnb yang dikutip dari CNN, Minggu (6/3/2022).



Berdasarkan data dari Air BnB, lebih dari setengah malam itu dipesan oleh orang Amerika. Selain dari Amerika, ada juga pesanan dari Inggris dan Australia.

Seruan bagi para tamu untuk memesan Airbnb di Ukraina dimulai secara online, di mana para pendukung mendesak orang-orang untuk memesan kamar sedekat mungkin dengan tanggal check-in untuk memastikan tuan rumah menerima biaya dengan cepat. Airbnb biasanya mengeluarkan pembayaran sekitar 24 jam setelah tamu check-in.

Penyelenggara kampanye juga mendesak orang untuk memastikan penyewaan dioperasikan oleh individu dan bukan perusahaan. Warga New York City Anne Margaret Daniel melihat postingan Airbnb di media sosial dan langsung beraksi.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

AS & Inggris Tuding Rusia soal Serangan atas Bank Ukraina


(dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading