Internasional

Airbnb Setop Semua Operasi di Rusia dan Belarusia

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 March 2022 21:28
FILE PHOTO: The logo of Airbnb is displayed at an Airbnb event in Tokyo, Japan, June 14, 2018. REUTERS/Issei Kato/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan penyewaan rumah Airbnb Inc menangguhkan semua operasi di Rusia dan Belarusia. Hal ini disampaikan Chief Executive Officer Brian Chesky dalam sebuah tweet, Kamis (3/3/2022).

Selain Airbnb, Facebook dan YouTube sudah terlebih dahulu memblokir media Rusia yang dikelola pemerintah untuk mengiklankan dan memonetisasi konten.

"Kami sekarang melarang media pemerintah Rusia menjalankan iklan atau memonetisasi di platform kami di manapun di dunia," kata Nathaniel Gleicher, kepala kebijakan keamanan di Facebook, dalam cuitannya di Twitter.


Sedangkan YouTube mengatakan juga menangguhkan beberapa saluran media pemerintah Rusia, termasuk RT dari menghasilkan uang lewat iklan.

Selain itu, platform video online milik Google itu juga membatasi rekomendasi kanal tersebut dan memblokirnya sepenuhnya di Ukraina atas permintaan pemerintah Ukraina, menurut juru bicara YouTube.

Mengutip laman NPR, Senin (28/2/2022), raksasa pencarian Google juga mengatakan sudah menghentikan kemampuan media yang didanai pemerintah Rusia untuk menghasilkan uang melalui layanan iklan Google

"Kami secara aktif memantau perkembangan baru dan akan mengambil langkah lebih lanjut jika perlu," kata juru bicara Google Michael Aciman.

Sementara Twitter menangguhkan semua iklan di Ukraina dan Rusia, karena tekanan meningkat pada platform teknologi untuk menanggapi invasi. Hal itu diambil untuk memastikan informasi keselamatan publik yang penting ditingkatkan.

Penangguhan iklan terjadi ketika perusahaan teknologi AS dipaksa oleh upaya berkelanjutan Kremlin yang berusaha memperketat kekuatannya pada komunikasi dan menahan perbedaan pendapat.


[Gambas:Video CNBC]

(tfa/tfa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading