IKEA & Toyota Ramai-Ramai Setop Operasi di Rusia, Ada Apa?

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
03 March 2022 19:50
IKEA

Jakarta, CNBC Indonesia - IKEA, perusahaan furniture asal Swedia, menutup sementara toko-toko mereka di Rusia dan Belarusia. Akibat hal ini, setidaknya ada 15 ribu karyawan dan 17 toko, serta tiga lokasi terdampak. Hal ini dilakukan IKEA sebagai tanggapan atas perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

"Perang telah memiliki dampak kemanusiaan yang besar. Ini juga mengakibatkan gangguan serius pada rantai pasokan dan kondisi perdagangan. Untuk semua alasan ini, IKEA telah memutuskan untuk menghentikan sementara operasi di Rusia," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan kepada AFP, dikutip Kamis (3/3/2022).

Selain IKEA, produsen mobil asal Jepang, Toyota, akan menghentikan operasi satu-satunya pabrik mereka di Rusia. Tak hanya itu, Toyota juga akan menghentikan pengiriman kendaraan ke negara tersebut. Langkah ini diambil dengan alasan "gangguan rantai pasokan" terkait serangan Moskow di Ukraina.


"Toyota Motor Russia akan menghentikan produksi di pabriknya di Saint Petersburg mulai 4 Maret dan telah menghentikan impor kendaraan, hingga pemberitahuan lebih lanjut, karena gangguan rantai pasokan," kata Toyota dalam sebuah pernyataan, Kamis (3/3/2022), dikutip dari AFP.

Toyota mengatakan pabriknya di Saint Petersburg memproduksi sekitar 80.000 kendaraan pada 2021, terutama untuk pasar Rusia. Jumlah ini hanya sebagian kecil dari 10,5 juta kendaraan yang dibuat di seluruh dunia oleh grup Jepang tersebut. Juru bicara Toyota mengatakan pabrik di Saint Petersburg mempekerjakan sekitar 2.600 orang. Ia juga membenarkan adanya gangguan pasokan terkait dengan konflik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Harga Produk IKEA Bakal Naik 9% di 2022


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading